Supercomputer Power Cray CX1 Dengan Prosesor Intel Xeon


Sebelumnya Intel sudah merilis teknologi 6 corenya yang pertama yang dinamakan prosesor Xeon. Prosesor Xeon ini dirancang untuk meningkatkan kinerja pada sistem server untuk masa yang akan datang. Meski baru dipasarkan, kelas server yang baru ini telah membuktikan potensinya, seperti pembangunan pada beberapa sistem server dari kebanyakan vendor termasuk HP, IBM, Sun Microsystems dan Dell. Bagaimanapun, ini seperti salah satu seri prosesor Xenon yang akan mempunyai daya baru dengan nama Cray CX1 supercomputer yang datang dengan Windows HPC Server 2008.

“ Mengambil keuntungan dari kinerja energi yang efisien dari rangkaian prosesor Intel Xeon 5400, sistem Cray’s CX1 akan membawa banyak kemampuan High-Performance Computing (HPC) kepada perusahaan yang sebelumnya membatasi kepada datacenter, dengan menggunakan prosesor ini maka akan semakin membuka peluang lebih banyak para pemakai untuk memakai supercomputing untuk membantu mereka memecahkan permasalahan komputasi paling sulit yang tidak dapat dipecahkan oleh komputer biasa”, kata Richard Dracott selaku Intel’s General Manager of High Performance Computing. “Intel akan melanjutkan pengembangan teknologi Cray supercomputing untuk masa depan, yang akan diarahkan pada semua segmen dari pasar HPC”, Dracott menambahkan.

Cray CX1 HPC baru saja diumumkan dan telah dirancang untuk membawa kedalam tingkatan kinerja dari standar sistem HPC untuk perusahaan. Cray CX1 menggabungkan 8 node dan memiliki 16 prosesor Intel Xenon untuk membuat performa yang maksimum.

HPC yang baru dapat dilengkapi sampai dengan 64GB memori per nodenya dan maksimum 4 terabyte dari penyimpanan internal. CX1 merupakan sistem pertama yang dikembangkan oleh Cray yang menyertakan Intel sebagai prosesornya. HPC juga telah mengumumkan detail penetapan harga untuk Supercomputer CX1 yang baru, harga yang ditawarkan berkisar antara USD 25,000 sampai USD 60,000.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: