Pengaman Data Penting di Handphone

nokia_e66
Handphone biasa di isi data-data penting milik penggunanya seperti foto, dokumen (teks), lagu hingga klip video yang bersifat pribadi. Dokumen tersimpan bisa berupa nomor telepon ‘seseorang’, password komputer, PIN ATM, nomor rekening hingga catatan mini yang bersifat rahasia.

Nah, dalam keseharian kita selalu hidup berhubungan dengan orang lain. Dan, tipikal orang di sekitar kita tak sama. Ada yang baik namun ada pula yang bermaksud buruk kepada kita. Misalnya saja berniat ‘merampas’ data-data pribadi milik kita, terutama kumpulan informasi yang ada di handphone.

Untuk mencegah dokumen pribadi kita jatuh ke tangan orang tak bertanggung jawab, ada baiknya kita membentengi handphone dengan aplikasi pengaman data. Atau setidaknya aplikasi penyimpan data berproteksi/berpassword.

Banyak aplikasi penyimpanan sekaligus pengamanan data beredar di pasaran. Software tersebut kebanyakan berjenis java (J2ME), hingga kompatibel dengan mayoritas handphone java. Beberapa diantaranya yakni:

Infoo Hide
Aplikasi ini bias menyimpan catatan (note) informasi penting yang tertulis layaknya pesan SMS. Sebagai proteksi, aplikasi ini menyertakan fasilitas password. InfooHide bisa didownload gratis di wap.getjar.com, dengan kode download 33630.

Untuk pemakaian pertama kali, akan ada notifikasi bahwa aplikasi minta izin untuk membackup 3 pesan teks ke nomor server. Pilih Yes.

Selanjutnya masukkan password sesuai selera, klik ok. Lalu, isi catatan penting anda. Bila sudah ‘save’.

My Notes
Hampir serupa InfooHide, aplikasi ini pun mengetengahkan fungsi catatan (note) berpassword. MyNotes bisa didownload di wap.getjar.com dengan kode download 33669.

Tuliskan data rahasia anda di menu Notes (Notes >> select >> option >> new note). Tuliskan jenis data anda, missal PIN ATM >> ok. Lalu open.

Untuk memasukkan password, pilih settings >> password

NotepadLock
Tampilan aplikasi ini serupa dengan InfooHide, hanya beda ikon di menu awal. Disini pun anda bebas menuliskan catatan pribadi/rahasia anda hingga 1000 karakter. Entry password dilakukan di awal, saat pertama menjalankan aplikasi. Masing-masing catatan bias diproteksi dengan password berbeda.

NotepadLock bias diunduh di wap.getjar.com. Kode download 33516.

Advance PhoneLock
Software ini bisa mengunci beberapa menu/data handphone seperti gallery, message, contact (phonebook) dan lainnya. Aplikasi ini sementara kompatibel dengan handphone Symbian S60 3rd edition.

Aplikasi ini bisa didownload versi trial-nya di http://www.tektronic.ro/products/mobile/AdvancedPhoneLock/AdvPhoneLock3rd_v1_02_LM_signed.SIS

Sebelum mulai mencoba, anda akan diminta untuk mengupdate aplikasi via koneksi internet.

Hidden Contacts
Aplikasi ini pun masih bikinan http://www.tektronic.ro . Software ini berfungsi menyembunyikan nama kontak tertentu dari daftar phonebook handphone, dengan dukungan password. Di sini pun masih dimungkinkan mengirimkan pesan, melakukan panggilan terhadap nomor kontak yang disembunyikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: