Sun dan VEDC Bekerjasama Dalam Pendidikan di Indonesia

Photobucket
Sun Microsystem Indonesia bersama dengan VEDC (Pusat pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan/PPPPTK) Malang, mengumumkan peluncuran JENI (Java Education Network Indonesia) Research Center yang pertama di Malang, Indonesia. Diresmikan oleh Sun Microsystem Indonesia VEDC, dan SEAMOLEC.

Peresmian JENI Research Center merupakan bagian dari rangkaian komitmen Sun Microsystem dalam menunjang program JENI. Program JENI diluncurkan kali pertama pada bulan Agustus 2007 atas dukungan Department Pendidikan Nasional Indonesia, dengan berfokus pada para pelajar dan praktisi open source demi mendukung usaha berkelanjutan SUN Microsystem membangun komunitas open source yang kuat di Indonesia. JENI Research Centaer diharapkan memiliki 3 fungsi yaitu sebagai pusat pelatihan, sebagai pusat penelitian aplikasi-aplikasi Java dan open source.

Pembangunan JENI Research Center diharapkan mampu mendorong mahasiswa menggunakan teknologi Java dan open source untuk menciptakan inovasi-inovasi baru yang merangsang daya saing tenaga kerja teknologi Indonesia. Sebagai tambahan, Java Testing Center juga akan dibangun di lokasi yang sama, dimana mahasiswa dapat memperoleh sertifikasi Java.

JENI Research Center berlokasi di Gedung VEDC, Jalan Teluk Mandar, Tromol Pos 5 Malang dan memilikifasilitas pendidikan Java dan open source yang komprehensif, seperti 10 buah Sun Ultra 20 workstation dan perangkat pendukung training lainnya. JENI Research Center juga dilengkapi jaringan koneksi Internet yang memadai untuk menunjang media training berbasis web.

Sun Microsystem telah pula menyertakan program-program open source lain bagi mahasiswa agar sukses meraih sertifikasi internasional. Sun Microsystem juga akan membangun fasilitas serupa di SEAMOLEC (Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Center), guna menunjangproses percepatan teknologi Java dan open source di Indonesia. Jeni Research Center akan dikelola oleh sumber daya VEDC, sementara Sun Microsystem berkontribusi dalam hal infrastruktur dan sebagai penasehat teknologi.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: