Hidup Mozilla Tergantung Dari Google

Photobucket
Mozilla, organisasi dibalik suksesnya web browser firefox, telah memperpanjang kerja sama penggunaan mesin pencari dengan Google selama tiga tahun ke depan. Sebagai ganti dari penggunaan mesin pencari Google secara default di Firefox, Google membayar Mozilla selaku pemilik Firefox.

Pada tahun 2006, jumlah uang yang harus dibayarkan Google ke Mozilla adalah USD 57 juta atau sekitar 85 persen dari pendapatan keseluruhan Mozilla. Perjanjian kerja sama mesin pencarian ini akan habis pada tahun 2006, kemudian diperpanjang hingga tahun 2008 dan akan habis sampai tahun 2011. Perjanjian ini akan membuat yayasan Mozilla dapat meneruskan pengembangan Firefox, e-mail client Thunderbird dan sejumlah aplikasi lainnya. Mozilla menggunakan dana yayasan untuk membayar para karyawan, mengembangkan bandwith dan nifrastruktur hardware, serta mendistribusikan berbagai macam aplikasi.

Terdapat kekhawatiran pada beberapa anggota komunitas open source atas ketergantungan Mozilla terhadap Google ini, karena hingga kini 85 persen pendapatan Mozilla didapat dari Google. Tapi Mozilla bersikeras bahwa Google dan Mozilla bekerja secara independen. Mozilla menegaskan bahwa mereka mengembangkan produk sebagai bagian dari proses terbuka dan tidak ada hubungannya dengan Google. Mozilla hanya mengajak Google berbicara mengenai produk dari pelayanan perusahaannya kepada Google sebagai client, salah satunya yaitu Firefox Start Page dan layanan yang mereka berikan seperti aplikasi anti phising. Selain itu, Google tidak memiliki hubungan khusus dengan aktivitas proyek dengan Mozilla.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: