Radio Dualband Lawan Fitur Sekuritas Bagian 1

Sony Ericsson R306 dan Samsung M120
Radio meruupakan satu dari sekian banyak fasilitas yang coba dirujuk vendor dalam menggaet konsumen sebanyak-banyaknya. Di tanah air sendiri, handphone kelas bawah yang menggempur pasar berlomba menanamkan fitur ini.

Perbandingan Desain
Secara fisik, keduanya menerapkan konsep berbeda. Sony Ericsson R306 memilih bentuk clamshell, sementara Samsung SGH-m120 dengan desain candybar.

uniknya, hanya dengan melihat perawakannya ini kita sudah bisa menebak, kekuatan apa sih yang coba disuguhkan kedua handphone ini.

Sony Ericsson R306 misalnya, di folder lipat bagian depan berjajar tombol khusus dan satu tombol tambahan di bagian D-pad. Sementara, SGH-M120 juga menanamkan satu tombol cepat berikon khusus di struktur navigasi menu. Ya, tombol-tombol ini memang didedikasi untuk mengakses fasilitas utama yang ditawarkan keduannya, yakni radio.

Namun, milik R306 terbilang lebih lengkap ketimbang M120. Alhasil, urusan kenyamanan dan kemudahan akses fitur favorit ini, Sony Ericsson R306 berafa di atas Samsung M120.

Dari keseluruhan, bentuk dasar R306 lebih gaya dengan disain lipat. Aroma mewah terpancar dari material cover yang sedikit lebih baik dibanding M120. Ditambah, tekstur permukaan bodi yang berlubang-lubang bak corong speaker, cukup kental dan kuat menghadirkan nuansa radio klasik.

Sektor keypad, Samsung SGH-M120 boleh berbangga hati. Pasalnya, selain strukturnya yang lebih familier dengan tuts besar, teksturnya pun cukup empuk dan nyaman saat digunakan untuk mengetik pesan. Bandingkan dengan R306, model bulat dengan permukaan datarnya terasa sedikit membal dan kurang asik ketika ditekan.

Layar & Interface
Penggunaan display yang berbeda, berimbas pada ketajaman warna. Ya, LCD R306 jauh lebih jernih dan terang dibanding M120. Ini berkat dipakainya teknologi TFT (Thin Film Transistor) dengan resolusi yang lebih besar, 128 x 160 piksel. Di bagian luar, R306 juga menanamkan layar monokrom untuk penampilan indikator baterai, tanggal serta frekuensi gelombang radio. Sementara, Samsung M120 hanya mengandalkan jenis CSTN.

Lebih dalam untuk model ikon, themes dan suguhan wallpaper, tentunya R306 lah yang kembali merajai. Ketajaman LCD-nya sanggup menghadirkan nuansa yang lebih hidup. Sayang, ikon menu yang digunakan tak ada variasi alias monoton, tampilannya sama seperti seri-seri lainnya. Bisa jadi, Sony Ericsson sengaja ingin menunjukan ciri khasnya di sisi interface.

Lain halnya Samsung, meski masuk dalam kategori low end, namun handphone ini coba menawarkan suguhan menarik di sektor interface. Struktur menu yang mencomot konsep midle-high, kini dihiasi dengan permainan warna yang lumayan atraktif. Menariknya lagi, tampilan menunya bisa diatur dalam dua modus: Block (grid) dan list.

Ditulis dalam Ponsel. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: