Radio Dualband Lawan Fitur Sekuritas Bagian 2

Sony Ericsson R306 dan Samsung M120
Setelah membahas perbandingan desain dan layar & interface antara handphone Sony Ericsson R306 dan Samsung M120, kita akan melanjutkan pembahasan mengenai Fitur Unggulan pada kedua handphone ini.

Fitur Unggulan
Media Player & Radio
Dengan banderolan harga kurang dari Rp 1 juta, hadirnya sarana hiburan merupakan suatu anugerah. Sayangnya kedua handphone ini sarana pendukung kurang mendapat sentuhan. Pada handphone Sony Ericsson R306, meski sanggup memutar file MP3, AAC, AMR dan midi, namun handphone ini tak menyertakan player musik khusus. Jadi, hanya sekadar memainkannya saja layaknya menjajal ringtone.

Tak seperti Samsung M120, handphone ini jelas membenamkan fitur music player. Visualisasi skinnya pun lumayan atraktif. Namun, untuk format lagu hanya MP3 saja yang bisa didengarkan. Sudah begitu, jangan berharap bisa menyimpan banyak file di memori handphone yang hanya berkapasitas 11 MB. Untuk MP3 sendiri, paling banyak dapat menampung 2-3 lagu saja. Itu pun yang sudah dimampatkan.

Sony Ericsson R306 lebih parah lagi, selain tanpa slot memori eksternal, kapasitas memori yang disediakan handphone ini Cuma 5 MB.

Satu hal yang membuat R306 unggul di sisi hiburan, yakni radio. Selain interfacenya rupawan, kinerjanya pun lumayan optimal. Model ini merupakan seri kedua Sony Ericsson yang membawa fungsi radio sesungguhnya, setelah R300 Radio. Tidak lazim memang, namun radio dual band (AM/FM) di handphone ini tetap jadi daya tarik tersendiri.

Seperti disinggung sebelumnya, untuk memudahkan aksi ke fitur radio ini, R306 menanamkan struktur tombol unik di bagian depan folder. Artinya, tanpa harus membentangkan atau membuka desain flip-nya, kita tetap bisa mengakses siaran favorit dengan leluasa. Uniknya posisi loudspeaker serta performanya yang bagus, sembuaran audio yang keluar bisa lebih menggelegar. Apalagi, disediakan juga efek ‘Volume boost’ yang sanggup meningkatkan dentuman suara speaker.

Bagaimana dengan radio Samsung M120? Pastinya bisa ditebak, standar dengan kemampuan yang tak jauh beda dengan radio FM handphone kebanyakan. Poin plus kembali disabet radio R306, lewat kemampuan merekam siaran radio yang nantinya bisa diatur sebagai nada dering/alarm. Ada juga RDS (Radio Data System) seta TrackIDTM, yang bisa difungsikan untuk mengorek informasi stasiun radio serta lagu yang sedang ditayangkan.

Kamera
Seperti halnya R300, Sony Ericsson R306 Radio pun membawa kamera 1,3 megapiksel sebagai media penjepret gambar. Sementara, Samsung SGH-M120 hanya VGA. Dari sini saja kita sudah bisa menduga, siapa yang paling handal?

Saat dicoba membuat foto, kamera R306 bisa menghasilkan gambar yang sedikit lebih tajam dan jernih ketimbang kamera M120 yang masih dihiasi noise. Baik untuk pengambilan indoor maupun outdoor.

Untuk video pun, kamera R306 bisa tampil lebih gaya. Format klip film yang bisa disimpan Sony Ericsson adalah 3gp, sementara M120 Samsung mjpeg alias ‘Motion jpeg’.

Konektivitas dan Internet

Untuk mendukung urusan perpindahan file, hanya Sony Ericsson R306 yang paling lengkap. Selain port kabel data khusus, handphone ini pun telah membawa koneksi Bluetooth. Sementara, Samsung harus gigit jari. Apalagi, perangkat kabel datanya harus dibeli secara terpisah.

Beralih ke urusan jelajah internet. Beruntung, keduanya telah disupport browser WAP 2.0 dan kanal GPRS. Alhasil, halaman situs berformat xHTML bisa dibuka dengan gamblang dan lancar.

Fitur Lain
Sony Ericsson R306 dan Samsung M120 sama-sama dibekali platform Java MIDP 2.0. Artinya, kedua handphone dapat menyisipkan aplikasi/game tambahan dengan kapasitas file yang mini. Sayang, jalur yang digunakan harus melalui proses download.

Di sisi proteksi data, Samsung M120 jagoannya. Selain fitur standar ‘Mobile Tracker’, handphone ini dilengkapi dengan Privacy. Lewat fitur ini, data pesan, file serta telepon bisa diamankan menggunakan password khusus.

Baterai
Urusan penyedia daya, Sony Ericsson R306 lebih tangguh dibanding Samsung M120. Baterai yang digunakan lithium polimer. Sementara, Samsung hanya lithium ion. Sekali diisi full, baterai R306 bisa mensuplay power lebih dari 2 hari. Lain halnya M120, baterai yang digunakan memang standar an cuam bisa bertahan kurang dari 1,5 hari.

Ditulis dalam Ponsel. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: