Google Chrome Mengungguli Web Browser Lainnya

Google-Chrome
Akhirnya perang browser Internet akan semakin ramai dengan dirilisnya Chrome, web browser besutan Google.Google Chrome sudah termasuk aplikasi Google Gears dan akan berbasiskan WebKit, sebuah engine rendering yang sebelumnya digunakan oleh Apple Safari. Jadi, jika sebuah situs tidak dapat dibuka pada browser Apple Safari, kemungkinan besar situs tersebut juga tidak dapat dibuka di Google Chrome.

Salah satu fitur unggulan Google Chrome adalah tab yang memiliki process manager dan memory sendiri, layaknya fitur Task Manager pada OS Windows. Dengan process manager pada tab, kita pun dapat melihat tab mana yang paling banyak memakan memory. Jika salah satu tab menyebabkan hang atau crash, keseluruhan browser tidak ikut crash ataupun hang. Google Chrome juga mengambil beberapa ide milik Opera. Contoh yang paling kelihatan adalah jika kita membuka tab baru, akan muncul 9 situs yang paling sering kita kunjungi. Sangat jelas browser Google mengambil ide milik Opera, yakni Speed Dial. Google Chrome juga menaruh tab diatas bar alamat, dimana hanya Opera yang melakukan hal tersebut.

Versi beta Google Chrome telah dirilis dilebih dari 100 negara, pada tanggal 2 September 2008. Jantung Chrome adalah sebuah engine WebKit, sebuah HTML render ringan yang dikembangkan Apple dan bagian dari proyek open source KDE, komponen KHTML. Sebagai tambahan, WebKit juga diadopsi untuk berbagai konteks aplikasi, termasuk Adobe AIR runtime, Troltech Qt toolkit, Nokia S60 web browser dan Google Android.

Walaupun Chrome dibuat berdasarkan teknologi WebKit, para pengembang Chrome memutuskan tidak menggunakan SquirrelFish, sebuah runtime performa tinggi milik Apple dan Google lebih memilih menggunakan V8, sebuah virtual mesin unik yang dikembangkan oleh sekelompok peneliti dari Denmark. V8 dikembangkan benar-benar dari dasar untuk memberikan performa tinggi untuk aplikasi web besar yang menggunakan JavaScript. Dengan menggunakan V8, Chrome terbukti jauh lebih cepat dibandingkan Firefox 3.0.1, IE7, IE8 beta 2, Safari 3.1.2 dan bahkan Opera 9.52.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: