Definisi Google PageRank


Salah satu elemen yang menentukan peringkat sebuah halaman web di search engine (khususnya Google) adalah PageRank (PR). Semakin tinggi PageRank sebuah halaman, semakin atas link halaman tersebut akan ditampilkan pada hasil pencarian di Google.

PageRank adalah algoritma analisis link milik Google yang memberikan bobot numerik (skor) pada setiap elemen dari kumpulan dokumen di WWW yang memiliki hyperlink (baik link masuk maupun keluar). Nilai PR tersebut menentukan derajat kepentingan atau relevansi sebuah halaman web dalam hubungannya dengan halaman web lainnya. PageRank menginterpretasikan sebuah link dari halaman A ke halaman B sebagai suara (vote), dari halaman A, untuk halaman B.

Lebih dalam lagi, Google tidak hanya menghitung jumlah vote yang didapatkan oleh sebuah halaman web; ia juga menganalisisi halaman web yang memberikan vote. Vote yang diberikan oleh halaman-halaman web yang juga “penting” akan memiliki bobot yang lebih berat dan membantu halaman yang menerimanya menjadi ikut “penting”. Dengan kata lain, vote yang diberikan oleh halaman web yang “tidak penting” tidak akan membantu dalam menaikan peringkat PageRank halaman yang menerimanya.

Nilai PageRank dari sebuah halaman web didefinisikan secara berulang (rekursif), bergantung pada jumlah, dan bobot seluruh halaman web yang merujuk padanya (inbound link). Sebuah halaman web yang mendapatkan link masuk dari banyak halaman web lainnya dengan nilai PR yang tinggi, akan turut mendapatkan skor yang tinggi. Bila sebuah halaman web tidak mendapatkan link masuk, maka tidak ada suara atau dukungan untuk halaman web tersebut.

Google memberikan bobot numerik dari 0 sampai 10 untuk setiap halaman web yang ada di WWW; peringkat PageRank ini menunjukan seberapa penting sebuah halaman web di mata Google. Sebuah halaman web yang mempunyai nilai PageRank 8 akan diurutkan lebih dahulu dalam daftar hasil pencarian Google daripada halaman web dengan nilai PageRank 7, dan seterusnya yang lebih kecil. PageRank sendiri merupakan turunan dari teori probabilitas nilai dalam sebuah skala logaritma seperti skala Richter.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: