Random Surfer Model Google PageRank


Random surfer model merupakan pendekatan yang menggambarkan bagaimana peluang atau probabilitas seseorang mengklik sebuah link berbanding dengan jumlah link yang ada pada halaman tersebut. Pendekatan ini yang digunakan Google, sehingga PageRank dari inbound link tidak langsung didistribusikan ke halaman web yang dituju, melainkan dibagi dengan jumlah outbound link yang ada pada halaman web tersebut.

Metode ini juga memiliki pendekatan bahwa seseorang tidak akan mengklik semua link yang ada pada sebuah halaman web. Oleh karena itu, PageRank menggunakan damping factor untuk mereduksi nilai PageRank yang didistribusikan sebuah halaman web ke halaman web yang lainnya. Probabilitas seseorang mengklik semua link yang ada pada sebuah halaman ditentukan oleh nilai damping factor (d) yang bernilai antara 0 sampai 1.

Nilai damping factor yang tinggi, berarti seseorang akan lebih banyak mengklik sebuah halaman sampai dia berpindah ke halaman lain. Setelah seseorang berpindah halaman web, maka probabilitas diimplementasikan ke dalam algoritma PageRank sebagai konstanta (1-d). Dengan mengeluarkan variable inbound link, maka kemungkinan seseorang untuk berpindah ke halaman lain adalah (1-d). Hal ini akan membuat PageRank selalu berada pada nilai minimum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: