Mengamankan SMS Dengan Aplikasi SMSCrypt

Photobucket
Semakin canggih teknologi, kian mudah pula orang mencuri informasi, contohnya handphone. Hampir semua data/file yang ada di handphone bisa dengan gampang berpindah tangan. Karena itu, sudah banyak pengembang aplikasi membuat program untuk memproteksi data handphone.

Bagaimana dengan pengiriman pesan, apakah bisa diamankan juga? Tentu bisa! Sebuah pesan SMS dapat dienkripsi, layaknya file foto maupun data lainnya. Tinggal instal aplikasinya di handphon pengirim dan penerima agar data yang sudah diacak tadi tetap bisa ditampilkan.

Ada satu aplikasi yang memiliki dua fasilitas sekaligus yakni enkripsi SMS dan memproteksinya dengan password. Kata kunci ini bisa dibedakan untuk masing-masing nomor penerima SMS. Nama aplikasinya SMSCrypt.

Kita yang kepingin mengirim pesan rahasia tanpa kuatir dibaca orang lain, bisa menjajal aplikasi garapan ‘Axialis Team’ ini. Berikut ini langkah pengoperasiannya:

Langkah 1
Download aplikasi SMSCrypt Lite dari http://sites.google.com/site/smscrypt selanjutnya install ke handphone.

Langkah 2
Setelah terinstal, jalankan aplikasi ini. Tahap awal, aplikasi akan mencoba mengecek jika ada SMS masuk. Baru kita dibawa ke menu utama layanan. Ada 4 pilihan: Message, Contacts, Setting dan Help.

Langkah 3
Lakukan pengaturan lebih dulu. Berikutnya masukan daftar kotak, beserta kata kunci (password) sesuai keinginan. Password ini bisa berbeda-beda untuk tiap nama kontak.

Langkah 4
Setelah semua data tadi selesai dibuat, kita sudah siap menggunakan aplikasi ini untuk berkirim pesan rahasia. Pilih Message > New Message.

Langkah 5

Ketika pesan yang ingin kita sampaikan, seperti menulis pesan SMS biasa. Setelah selesai, klik ‘OK’ dan tentukan nama kontak yang ingin kita kirim.

Langkah 6
Berikutnya, aplikasi SMSCrypt akan secara otomatis mengirimkan pesan ke nomor penerima.

Langkah 7
Di handphone penerima yang telah menginsatal aplikasi yang sama, pesan yang masuk akan langsung tersimpan di folder ‘received’ aplikasi ini. Jadi, tidak akan terlihat/tersimpan di folder inbox pesan.

Langkah 8
Untuk membukanya pun, kita diminta memasukkan kata kunci (Password) yang sebelumnya dibuat dan disepakati kedua belah pihak. Jadi, memang benar-benar terjamin keamanannya. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: