Perpecahan Pada Perusahaan AMD

amd-logo
Bukan rahasia lagi bahwa AMD sedang mengalami krisis. Terlepas dari industri kartu grafis yang dapat mereka rebut kembali dari nVIDIA, tapi AMD masih satu langkah di belakang Intel. AMD tetap berusahauntuk menghadang laju Intel dengan processor 45 nm pertama mereka. Shanghai, yang berusaha untuk dirilis bersamaan dengan generasi kedua processor 45 nm Intel, Nehalem.

Untuk menghadapi pasar chip processor yang semakin ketat, AMD akhirnya memutuskan untuk membagi dua perusahaan. AMD nantinya akan berkembang menjadi dua perusahaan, satu perusahaan akan tetap menjalankan bisnis desain chip dan tetap menggunakan nama AMD. Satunya lagi akan menggunakan nama Foundry Company yang nantinya akan memproduksi chip. Dua peusahan terpisah tersebut akan bekerja berdampingan, tetapi tetap menjalankan bisnis secara independen.

Selain itu, dua perusahaan yang berasal dari Abu Dhabi telah memutuskan untuk menginvestasikan uang mereka sebesar USD 5.7 miliar untuk membuat AMD lebih baik. Mayoritas uang yang disuntikan dari dua perusahan ABU Dhabi ini nantinya akan mengalir ke Foundry Company, yang akan membuat pabrik baru di Albany, New York.

AMD tetap mempertahankan 44.4 persen saham di Foundry Company dan saham sebesarUSD 2.1 miliar. Advanced Technology ternyata bukan satu-satunya perusahaan yang menginginkan AMD. Mubadala Development Company, yang membeli 8 persen saham AMD pada bulan November 2007 lalu, akan membayar sebesar USD 314 juta untuk membeli 58 juta saham AMD, atau sekitar 19.3 persen keseluruhan AMD. Mubadala dan Advanced Technology, terlepas dari persaingan mereka sebagai kompetitor bisnis, tetap bekerja sama untuk menuntaskan perjanjian dengan AMD.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: