Install Ulang Office Tanpa Aktivasi


Setelah kita menginstal ulang Windows, tentunya kita perlu melakukan install ulang aplikasi-aplikasi lain yang dibutuhkan. Proses install ulang tidak akan menyusahkan apabila aplikasi yang kita install ulang adalah aplikasi-aplikasi standar. Yang menjadi masalah bagi kita adalah ketika kita menginstall ulang aplikasi lain yang mengharuskan aktivasi seperti yang harus dilakukan ketika menginstall Windows. Salah satu aplikasi yang akan meminta aktivasi saat kita melakukan install ulang adalah Microsoft Office.

Kita dapat mengakali Office agar aktivasi ulang tidak perlu dilakukan. Secara garis besarnya langkah-langkah yang diperlukan juga sama, yaitu dengan melakukan back-up data aktivasi dan me-restore-nya seusai proses install ulang Windows dan Office. Perbedaanya terletak pada lokasi dan file yang harus di back-up. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah berikut sebelum kita menginstall ulang Windows:
1. Jalankan Windows Explorer melalui menu [Start] > [All Programs] > [Accessories] > [Windows Explorer]
2. .Buat sebuah folder baru unuk menyimpan file backup. Jika kita ingin melakukan backup dapat menggunakan media flash disk.
3. Masuklah ke folder C:\Dokuments and Settings\All Users\Application Data\Microsoft\Office\Data\.
4. Pada folder Data akan muncul dua file dengan nama data.dat dan data.bak. Salinlah kedua file ini ke folder yang baru kita buat atau ke flash disk yang telah kita siapkan.

Setelah tahapan-tahapan diatas dilakukan, kita dapat menginstall ulang Windows dan dilanjutkan dengan installasi Office. Di akhir installasi Office, kita akan diminta untuk melakukan restart Windows. Sampai disini kita masih belum boleh menjalankan aplikasi Office karena kita belum me-restore file aktivasi. Maka dari itu, ikuti permintaan restart dari program installer. Selanjutnya:

5. Jalankan Safe Mode Windows.
6. Masuklah ke folder dimana kita mem-back-up kedua file diatas, kemudian salin kembali ke folder C:\Dokuments and Settings\All Users\Application Data\Microsoft\Office\Data\.
7. Saat muncul konfirmasi untuk melakukan overwrite, jawab dengan [Yes].
8. Terakhir, restart PC dan aplikasi-aplikasi Office kita tidak akan meminta aktivasi untuk yang kedua kalinya.

Harap diingat, trik ini bukan untuk melakukan crack terhadap aktivasi Office, melainkan untuk mengakali Office agar kita tidak perlu dilakukan aktivasi ulang. Jadi, kita tidak dapat menggunakan trik ini apabila tidak pernah melakukan proses aktivasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: