Windows Defender Cara Mudah Bersihkan Komputer dari Spyware


Windows Vista dilengkapi dengan anti spyware. Namanya adalah Windows Defender. Aplikasi ini secara otomatis akan melakukan scan cepat terhadap isi komputer setiap pagi hari. Tujuannya yaitu memastikan kita dapat bekerja dengan aman pada hari tersebut.

Apabila Windows Defender mendeteksi adanya spyware, ia akan langsung menampilkan sebuah jendela pemberitahuan yang menyatakan adanya spyware di sistem kita. Selanjutnya, kita bisa membersihkan spyware tersebut dengan satu kali klik [Remove].

Namun, cara tersebut tidak melulu dapat membersihkan spyware secara tuntas. Sebab, pemeriksaan yang dilakukan Windows Defender adalah pemeriksaan cepat yang tidak diikuti pemeriksaan seluruh isi hard disk. Oleh karena itu, bila Windows Defender pernah menampilkan peringatan adanya spyware, lakukan pemeriksaan penuh terhadap sistem kita. Caranya:

1. Klik tombol Start, Ketik Windows Defender pada kotak pencarian dan tekan [Enter].
2. Setelah Windows Defender terbuka, klik panah bawah yang terdapat di sebelah tombol Scan dan pilih Full Scan.
3. Tunggulah beberapa saat hingga proses scan selesai.
4. Setelah selesai, hasilnya akan ditampilkan. Jika komputer kita terjangkit spyware, daftarnya akan ditampilkan oleh Windows Defender. Klik Review Items untuk mengetahui apa yang terjadi dan bagaimana solusinya.
5. Pada layar Scan Results, semua software berbahaya yang terdeteksi Windows Defender akan ditampilkan. Klik tombol [Remove All], untuk membersihkan semua “sampah” spyware.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: