Pelanggaran GPS Berdampak Bagi Pengguna Handphone


Perangkat GPS sudah umum dipakai di mana-mana. Tapi buat pengguna GPS yang ingin memanfaatan perangkat tersebut di Mesir, tampaknya akan mengalami kesulitan. Sebab di sana, penggunaan GPS harus memiliki izin dari pihak keamanan.

Akibatnya adalah pemerintah Mesir kehilangan pemasukan pajak dari penjualan handphone. Selain itu, pengguna GPS di sana juga sepertinya tidak mau tahu. Perangkat-perangkat yang dilengkapi GPS masih diselundupkan dan digunakan secara sembunyi-sembunyi tanpa izin.

Saat ini, hanya ada tiga negara di dunia yang meralang penggunaan GPS, yaitu Mesir, Syria dan Korea Utara. Sebelum GPS, pemerintah Mesir pada tahun 1980-an pernah melarang penggunaan antena parabola. Namun, kemudian pelarangan itu dicabut pada awal 90-an.

GPS awalnya dikembangkan untuk tujuan militer oleh departemen pertahanan Amerika Serikat. Tapi, kemudian dibebaskan untuk digunakan oleh sipil pada tahun 1983. Sekitar tahun 90-an, pelarangan penggunaan GPS secara komersial mulai dihilangkan di beberapa negara.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: