Akali Ruang Simpan Netbook


Meski hanya memadai untuk mengetik, browsing, mengakses hotspot, atau sekadar mendengarkan lagu, peranti yang umumnya menggunakan prosesor Intel Atom ini sungguh memudahkan saat ditenteng ke mana-mana. Ukurannya yang mini dan stylish juga membuat kita, sebagai pengguna terlihat gaya.

Namun produk ini tak lepas dari keterbatasan. Sebagian besar nebook memiliki ruang simpan yang jauh dari tambun dan kapasitas yang tak seberapa itu akan semakin berkurang setelah kita menginstal sistem operasi dan sejumlah aplikasi.

Memang beberapa vendor menyediakan slot tambahan untuk memungkinkan ruang simpan data bertambah dengan menyisipkan kartu memori berkapasitas gede. Namun, semakin banyak data yang kita masukkan, tentu hard disk akan semakin terkuras.

Solusi Praktis
Selain data, aplikasi yang terinstal dalam netbook akan menyedot kapasitas hard disk dengan cepat. Apalagi jika kita gemar menginstal software baru. Jumlah registry yang dibuat di aplikasi tersebut juga kan turut mempersempit ruang simpanan.

Solusi paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan tidak menginstal aplikasi ke dalam hard disk internal netbook kita. Sebagai gantinya gunakan aplikasi portabel yang bisa digunakan tanpa perlu diinstal. Dengan begitu, selain menghemat ruang simpan, hard disk kita juga tak akan surut oleh file-file sampah hasil instalasi program. Cukup bermodalkan flash disk sekitar 1 GB, beragam aplikasi sudah dapat digunakan.

Penggunaan aplikasi portabel ini juga solusi praktis bagi kita yang gemar ke warnet untuk meyusun dokumen dan mencari data. Jika tiada aplikasi yang dibutuhkan di PC warnet, kita tinggal menggunakan software portabel yang dibawa dalam flash disk.

Pilih Yang Paket
Kini, banyak penyedia software yang memberikan paket aplikasi portabel untuk sekali download atau dalam sebuah program starter. Dengan demikian, kita tidak perlu lagi mendownload program portabel satu per satu.

Pilihlah beberapa portabel application suite yang diperlukan. Masing-masing menyediakan fitur dan jenis aplikasi yang beragam. Aplikasi portabel yang tersedia di Internet diantaranya: Lupo PenSuite, PortableApps Suite, tiny USB office, winPenPack, WinInizio PenSuite Utilities. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: