Jajal Linux di Windows Tanpa Rebooting


Ingin menjajal suatu distro Linux tapi tidak mau beralih dari Windows, me-rebooting komputer, atau menginstal aplikasi virtualisasi seperti VirtualBox. Aplikasi ini mungkin cocok bagi kita.

Sebagai utility Windows, MobaLiveCD memungkinkan kita menjalankan LiveCD apa saja di Windows tanpa menginstal apa pun. Cukup download dan aktifkan mobaLiveCD.exe yang berukuran 1,4MB, lalu pilih ISO yang ingin dijalankan. Berkat QEMU, kita akan dapat menjalankan distro Linux sebagai LiveCD di jendela desktop. Tak perlu reboot sama sekali.

Tetapi jangan berharap banyak pada performanya. Karena pada dasarnya kita akan menjalankan suatu sistem operasi di dalam sistem operasi yang lain, kinerjanya bisa cukup lelet. Dan tidak berarti juga bisa bekerja dengan semua host machine atau LiveCD yang ada.

Asyiknya, MobaLiveCD bisa diinstal di hard disk kita, memungkinkan kita me-launch LiveCD via klik-kanan menu context. Kita dapat pula membuat hard disk virtual untuk menyimpan data dari session LiveCD tersebut. Jika berminat silahkan berkunjung ke mobalivecd.mobatek.net/en.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: