Sun Microsystem Berkolaborasi Dengan SEAMOLEC Membentuk JENI ASEAN Research Center

Photobucket
Sun Microsystem Indonesia bersama dengan SEAMOLEC (Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Center) mengumumkan peresmian dari JENI ASEAN (Java Education Network Indonesia ā€“ Asia South East Asian Nation) Research Center yang pertama di Asia Tenggara. Jeni ASEAN Research Center berlokasi di Gedung SEAMOLEC, kompleks Universitas Terbuka, Pondok Cabe ini, memiliki fungsi sebagai tempat pelatihan, penelitian dan pengembangan aplikasi Java dan open source.

Pembangunan JENI ASEAN Research Center diharapkan mampu mendorong ara pelajar dan mahasiswa untuk menggunakan teknologi open source, terutama aplikasi Java sehingga mereka dapat menciptakan inovasi-inovasi baru, sekaligus juga dapat meningkatkan daya saing tenaga kerja secara global. Selain itu, inisiatif ini juga dilakukan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke-80 pada tanggal 28 Oktober 2008, dimana generasi muda indonesia diharapkan menjadi lebih tangguh dengan dibekali berbagai ilmu sehingga dapat bersaing dan menjadi yang paling unggul. Tidak hanya di Indonesai, namun juga di dunia.

Kerjasama antara Sun Microsystem dengan SEAMOLEC merupakan bukti komitmen berkelanjutan Sun Microsystem terhadap perkembangan dari teknologi open source di Asia. JENI ASEAN Research Center akan dikelola langsung oleh SEAMOLEC. Dalam kerja sama ini, Sun Microsystem akan mentransfer teknologi program TOT (Training Of Trainers) sampai ke tingkat pelajar dan mahasiswa sehingga mereka dapat memahami teknologi open source dengan lebih baik lagi.

Selain itu, Sun Microsystem juga akan memberikan kontribusi kurikulum open source, Seperti Java dan Open Solaris, serta infrastruktur teknologi. Kurikulum SEAMOLEC akan diakreditasi sebagai bagian dari kurikulum pendidikan siswa di sekolahnya masing-masing. Melalui kolaborasi ini, SUN juga akan memfasilitasi anggota/patner SEAMOLEC untuk bergabung menjadi Sun Education Partner melalui program Sun Academic Initiative, Sedangkan SEAMOLEC mengembangkan peranti lunak untuk Edu Game yang secara khusus dapat diaplikasikan melalui ponsel.

Dalam perencanaannya ke depan, JENI ASEAN Research Center diharapkan dapat menghasilkan aplikasi Edu Mobile game, dimana aplikasi ini dapat digunakan untuk proses pembelajaran melalui telepon seluler agar mudah digunakan oleh semua kalangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: