Beda Mouse Laser Dengan Optik


Mouse pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 oleh Apple Macintosh. Sejak saat itu pula mouse telah mengubah cara orang menggunakan komputer.

Mouse dari zaman dulu menggunakan bola. Orang yang pernah pakai mouse zaman dulu pasti masih ingat kalau mouse sudah agak “seret”, bola mouse harus dikeluarkan untuk dibersihkan. Di tempat bola itu ada roller. Roller itu juga harus dibersihkan.

Mouse sekarang sih sudah tidak perlu dibersihkan lagi bolanya. Bukannya bola mouse sudah anti-debu, melainkan bolanya memang sudah tidak ada. Mouse sekarang sudah memakai optik.

Mouse optik mulai dikenal pada akhir 1999. Mouse seperti ini punya kamera yang memotret ribuan gambar setiap detik. Kamera memotret alas mouse. Gambar yang diperoleh dikirim ke prosesor sinyal digital untuk dianalisis. Prosesor itu membandingkan setiap gambar yang dikirim untuk mengenali perubahan di setiap gambar.

Perubahan itu dianalisis untuk mengetahui seberapa jauh mouse sudah bergerak. Kalu sudah dapat informasi itu, prosesor mengirim koordinat ke komputer. Komputer kemudian menggerakkan pointer di layar monitor lalu digerakkan berdasarkan koordinat yang diterima.

Proses yang lumayan panjang itu terjadi ribuan kali dalam satu detik sehingga pointer mouse tetap brgerak dengan mulus.

Itulah kira-kira cara kerja mouse optik. Ada lagi teknologi yang lebih baru yang sekarang banyak dipakai, yakni mouse laser. Apa bedanya dengan mouse optik?

Mouse laser sebetulnya termasuk mouse optik. Tapi, mouse optik biasa menggunakan LED (Light Emitting Diode) berwarna merah. Mouse laser, menggunakan pancaran sinar laser yang tak kasat mata-ada sih yang sedikit terlihat.

Sinar laser yang dipancarkan bergerak mengikuti tangan pengguna. Sinar laser itu menghidupkan sistem sensor optik seperti pada mouse optik biasa. Ribuan gambar diambil dalam waktu satu detik untuk mengetahui pergerakan mouse. Koordinat yang dikirim mouse kemudian digunakan komputer untuk memosisikan pointer.

Keuntungan
Ketimbang mouse yang pakai bola, mouse optik punya banyak keuntungan, antara lain lebih tahan lama, kotoran tidak bisa masuk ke dalam mouse, pointer bisa bergerak lebih mulus dan tidak perlu lagi pakai mosue pad.

Mouse laser punya keunggulan yang sama ketimbang mouse yang pakai bola. Kalau dibandingkan dengna mouse optik biasa, mouse laser punya keuntungan. Mouse laser bisa digunakan hampir di mana saja, termasuk di tempat di mana mouse optik sulit sekali dipakai, misalnya pada paha yang terbungkus celana jins.

Mouse laser cocok sekali untuk dibawa bepergian bersama laptop karena orang tidak perlu membawa mouse pad, bisa dipakai dengan alas apapun dan (kalau nirkabel) tidak ribet dengan kabel.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: