Hard Disk Western Digital WD5002ABYS Cepat dan Tahan Lama


Semakin cepat kinerja dari prosesor, motherboard, memori utama dan komponen lainnya, tentunya harus diimbangi pula dengan peningkatan kinerja hard disk. Hard disk generasi baru sewajarnya memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan pendahulunya. Salah satu hard disk generasi baru yang ditawarkan Western Digital adalah WD5002ABYS.

WD5002ABYS dikelompokkan Western Digital pada RE3. Menurut Western Digital, RE3 ini merupakan hard disk SATA generasi ketiga yang lebih ditunjukan untuk perusahaan alias enterprise.

Sebagai generasi yang baru, WD5002ABYS tentunya menawarkan kelebihan dibandingkan generasi sebelumnya. Salah satunya adalah penggunaan 2 prosesor. Dengan 2 prosesor, kinerja yang ditawarkan RE3 ini diklaim lebih tinggi hingga 20 persen. Penggunaan teknologi RAFF generasi ke-4 pada hard disk ini juga mampu memonitor sekaligus mengoreksi getaran akibat putaran cakram saat bekerja. RAFF generasi ke-4 ini diklaim mampu memberikan peningkatan kinerja hingga 60 persen pada lingkungan dengan getaran yang tinggi.

Sistem RAID juga dipersiapkan lebih baik agar terhindar dari proses pemulihan error yang memakan waktu terlampau lama. Daya tahan hard disk 3,5 inci ini juga jauh lebih lama dibandingkan hard disk untuk desktop. MTBF-nya diklaim sebesar 1,2 juta jam.

Kemampuan Western Digital RE3 memang tampak pada rutin data yang masif. Pemrosesannya memang cepat. Rata-rata pembacaan data yang mencapai 87MB/s terbilang cukup tinggi, termasuk juga burst speed yang sebesar 235MB/detik. Kinerja RE3 sendiri tentunya belum melampaui seri VelociRaptor yang pernah kami coba. Meskipun begitu, WD5002ABYS menawarkan kapasitas yang lebih besar dan tentu saja harga yang lebih terjangkau.

Kesimpulan
Western Digital WD5002ABYS menawarkan kinerja dan umur pakai yang bagus. Hard disk ini memang dipersiapkan untuk komputer yang bekerja terus menerus tanpa henti. Pantas dijadikan media penyimpanan untuk PC dengan data yang kritis.

Pengujian:
– HD Tach 3.0.40
Random Access: 11,6 ms
CPU Utilization: 3 persen
Average Read: 87,3MB/s
Burst Speed: 235,2MB/s
– Spesifikasi
Interface: SATA II (3Gb/s)
Kapasitas: 500GB (3,5 inci)
Buffer chace: 16MB
Seek time (avg): 8,9ms
Kecepatan rotasi: 7200RPM
MTBF: 1,2 juta jam
Massa: 600gr
Garansi 3 tahun
Harga: USD 110

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: