Sembunyikan File Handphone Melalui Q FileHide


Mengingat handphone sudah menjadi bagian dari hidup kita, mau tak mau ada saja file-file pribadi yang tersimpan di dalamnya. Belum lagi video dan foto pribadi yang…ehm..Cuma untuk konsumsi sendiri.

Banyak aplikasi yang dapat menyembunyikan sebuah atau beberapa file sehingga tidak terlihat orang lain. Salah satunya adalah Q-FileHide.

Keistimewaannya, aplikasi berbasis Java ini hanya menyembunyikan file agar tidak terlihat dan tidak meng-enskripsinya. Jadi bila terlupa dengan kata kunci yang kita buat sendiri, jangan kuatir, karena file tersebut hanya dibuat tak terlihat saja.

Langkah pemakaian:

1. Aplikasi versi demo ini dapat didownload I http://www.getjar.com/products/18328/QFileHide. Jika mendownload dari handphone, kunjungi wap.getjar.com, pilih menu quick download, masukkan kode 37777.

2. Buka ‘menu’ > ‘aplications’ > ‘options’ > ‘open’. Isi kolom ‘password’ dan ‘confirm password’ dengan kata yang mudah kita ingat. Tidak ada batasan berapa banyak karakter untuk password yang ingin dituliskan.

3. Fitur utama apliaksi ini hanyalah ‘hide a file’ dan ‘unhide a file’. Jadi untuk menyembunyikan sebuah file, kita cukup hanya memilih sebuah file baik di memori handphone atau kartu memori lalu klik ‘menu’ > ‘hide a file’.

Pada dasarnya aplikasi ini hanya menyembunyikan dari layar atas (tanpa enkripsi atau dekripsi) dan tidak mengunci file tersebut. Aplikasi ini juga tidak membedakan apakah file yang disembunyikan merupakan file system atau tidak. Jadi jangan kuatir bila tanpa sengaja file systm turut tidak terlihat.

4. Untuk tidak menyembunyikan file kembali cukup dengan memilih ‘unhide a file’, pilih file yang ingin ditampilkan kembali lalu klik tengah joystick. Aplikasi ini tidak bisa menyembunyikan beberapa file sekaligus atau menyembunyikan sebuah folder beserta root direktorinya. Jadi bila banyak file yang disembunyikan, kita harus menyembunyikannya satu persatu.

5. Bila kata kunci (password) yang telah kita buat ingin dirubah kembali, cukup dengan memilih ‘change login password’ kemudian ketikkan password baru.

6. Setiap kali ingin masuk ke sebuah folder apakah itu untuk sembunyikan (hide) atau untuk menampilkannya kembali, akan muncul notifikasi apakah aplikasi boleh mengakses folder yang dipilih. Jadi tidak ada folder yang bisa dibuka tanpa meminta izin memasukinya.

7. Untuk mengetahui leibh detil bagaimana penggunaan aplikasi, kita dapat membuka menu > options > instructions > open.

8. Untuk keluar dari aplikasi, cukup mengklik ‘exit’. Bila kita membeli versi aplikasi ini tersedia fitur tambahan. Selamat Mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: