Tahun 2009 USB 3.0 Siap Geser USB 2.0


Akhir November 2008 lalu, teknologi USB 3.0 akhirnya dilansir secara resmi oleh USB 3.0 Promoter Group. Mampu mendukung rata-rata data hingga 5Gbps, kecepatannya diklaim 10 kali lebih kencang dibandingkan USB 2.0 sehingga bersifat backward compatible (kompatibel dengan versi sebelumnya). Tentunya hal ini sangat penting artinya, mengingat lebih dari dua milyar perangkat USB telah dikapalkan pada tahun 2006 saja.

Enam sinyal akan diantar melalui kabel USB 3.0 – empat untuk jalur data SuperSpeed, dua untuk jalur data non – SuperSpeed. Sedangkan USB 2.0 hanya membawa dua sinyal untuk kecepatan jalur data low – speed (1,5Mbps) serta jalur data full – speed dan high – speed (berturut – turut, 12Mbps dan 480Mbps). Dengan demikian, USB 3.0 bus akan menyediakan lebih banyak tenaga hingga 50 persen untuk perangkat yang belum terkonfigurasi dan 80 persen untuk perangkat terkonfigurasi.

Menurut USB 3.0 Promoter Group, discrete controller SuperSpeed USB diharapkan sudah akan dipasarkan pada pertengahan kedua tahun 2009 dan produk konsumen pertamanya muncul di tahun berikutnya. Perangkat penyimpanan data seperti flash drive, hard disk eksternal, kamera digital, camcorder dan pemutar media digital disebut – sebut merupakan produk – produk USB 3.0 yang bakal digelontor pertama kali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: