Google Identik Dengan Polusi


Tahukah Anda apa yang terjadi pada Google? Google merupakan search engine terbesar di dunia, yang mana pada saat kita melakukan mencari data melalui Google maka kita akan menghasilkan 7 gram karbondioksida yang dibebankan pada Google.

Fakta yang dibeberkan oleh sekelompok ilmuwan dari Harvard University menjelaskan kalau setiap satu kali mencari data melalui mesin pencari Google sama seperti mengeluarkan 7g Co2. Dan untuk diketahui, saat sebuah ketel mendidih saja bisa menghasilkan 15g C02, artinya dua mesin pencari Google dinyalakan secara bersamaan, sama dengan emisi satu ketel mendidih.

Karbondioksida jelas bisa dihasilkan oleh Google. Pasalnya, emisi yang dihasilkan disebabkan baik oleh daya listrik yang diperlukan untuk pengguna komputer dalam mengirim permintaan ke server Google di seluruh dunia. Tentu saja listrik yang tersedot berasal dari bahan bakar yang menghasilkan emisi gas itu.

Dalam sebuah penelitian lainnya menyebutkan, sejak tahun 2007 memang dunia Teknologi Informatika saat ini menyebabkan sekitar dua persen emisi global CO2. Dan ini melebihi emisi yang dihasilkan di dunia industri penerbangan.

“Dalam setiap browsing biasa di internet maka akan menghasilkan 0.02 gram Co2 setiap detiknya,” terang Dr Alex Wissner-Gross, ahli fisika dari University Harvard, kepada Telegraph, Senin (12/1/2009).

“Server-server memerlukan semua jaringan listrik untuk menjalankan listrik, yang sebagian besar dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak dan gas bumi,” sambungnya.

Dan Alex menambahkan, kalau Google menyerap konsumsi bahan bakar paling banyak di antara situs internet lainnya, karena pusat data yang tersebar di seluruh dunia kepunyaan Google konon paling besar dalam penggunaan listriknya.

Untuk itu, Google sebagai mesin pencarian terbesar saat ini mengembangkan efesiensi energi pemakaian listrik pada server-server yang dimilikinya. Semoga usaha Google dapat menurunkan tingkat pencemaran telah ada.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: