Krisis Global Menyebabkan Sebagian Remaja Amerika Buta Aksara


Tahukah Anda, 14 persen remaja di Amerika mengalami buta aksara. Hal yang sangat menganehkan bila kita menengok siapa Amerika. Kita mengenal bahwa Amerika merupakan adikuasa yang sangat berperan dalam perkembangan perekonomian Global.

Namun mengapa di sana masih ada orang yang tidak dapat membaca? Hal ini disebabkan karena menurunya perekonomian di Amerika.

Data statistik ini dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Amerika dan dilansir oleh Live Science, Senin (12/1/2008). Berdasarkan data yang mereka miliki, sekira 1 dari 7 remaja di Amerika dipastikan tidak bisa membaca koran atau pun membaca peraturan penggunaan dalam botol obat. Angka ini sama saja dengan jumlah 32 juta remaja di Amerika.

“Krisis buta aksara yang dialami sebagian remaja semakin memburuk sehingga diperlukan investasi dibidang edukasi dan dukungan program dalam waktu dekat karena hal ini akan sangat berpengaruh dalam kondisi ekonomi Amerika, terutama dalam hal lapangan pekerjaan,” ujar Presiden dan CEO ProLiteracy David C Harvey.

Menurut dia, pada tahun 2008 sekira 1 juta orang di Amerika kehilangan pekerjaan dan ini merupakan angka pengangguran tertinggi yang di alami Amerika sejak 16 tahun lalu.

“Mereka yang jobless adalah individu yang tidak memiliki kemampuan dasar seperti membaca, menulis maupun berhitung. Oleh karena itu, untuk bisa bangkit dari keterpurukan ini maka mereka harus diberikan dukungan untuk mempelajari kemampuan dasar tersebut,” ujar Harvey.

Dalam studi tersebut terdapat dua wilayah Amerika yang terhitung memiliki angka buta aksara terbanyak, yaitu Minneapolis dan Seattle.

Dengan terpilihnya Persiden Obama, rakyat Amerika sebenarnya menggantungkan diri untuk melakukan pembangunan infrastruktur yang telah hancur. Semoga harapan masyarakat Amerika dapat terwujud, kita doakan saja.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: