Handphone HTC S740 Bertekstur Berlian


Handphone HTC S740 mirip dengan klan Diamon karena casing belakangnya bertekstur berlian, dengan permukaannya tidak mengkilap dan mirip dengan karet. Sedangkan untuk bagian depan HTC S740 justru terlihat menyilaukan karena pada keypad-nya berlapis plastik bening.

Sepintas, wajah S740 tampak seperti handphone biasa, mulai dari menu kiri dan kanan, tombol Call dan End call, tombol Home dan Back, navigasi bulat sampai keypad. Bahkan ada ikon T9 di tombol *. Hanya tampilan layar sajalah yang mengungkap jati diri handphone ini sebagai peranti berbasis Windows Mobile.

Hal lain yang membuatnya terlihat berbeda dari handphone biasa adalah ketebalannya. Tak heran, S740 memang meneruskan ciri keyboard QWERTY tersembunyi dari generasi sebelumnya. Perbedaannya adalah, bila keyboard pada seri S730 diakses dengan cara menggeser bodinya ke kiri, keyboard S740 akan tampak bila bodi depan digeser ke kanan.

Deretan tombol keyboard terdiri dari empat baris sehingga susunannya tidak persis seperti keyboard yang biasa dipakai di PC. Perbedaan yang mencolok mata adalah tombol angka yang “bertumpuk” dengan huruf di baris pertama QWERTY.

Berkurangnya jumlah tombol mau tak mau memaksa banyak tombol menjadi berfungsi ganda. Fungsi ganda ini biasanya diaktifkan dengan tombol Fn. Di S740, tombol Fn akan mengaktifkan Comm Manager (ikon handphone) ketika dikombinasikan dengan tombol navigasi kiri; mengaktifkan fungsi T9 jika ditekan dengan tombol Space; serta mengaktifkan Internet Explorer (ikon globe) jika ditekan dengan tombol SYM. Ada lagi tombol Caps yang disatukan dengan tombol Shift, atau PGUP dan PGDN yang menyatu dengan tombol navigasi atas dan bawah.

Meski sudah banyak tombol yang difungsigandakan, kita masih saja bisa menemukan tombol pintas khusus. Setidaknya di deretan keyboard ini kami temukan tombol pintas SMS/MMS (teks SMS/MMS) dan Messaging (ikon amplop). Kami tidak menjumpai tombol OK yang biasanya dipakai untuk keluar dari suatu aplikasi. Namun, agaknya tombol Del difungsikan untuk itu, selain untuk kembali ke menu sebelumnya.

Seperti biasa, ada 2 tombol menu di kiri-kanan atas keyboard. Menurut kami, kedua tombol menu ini tidak terlalu mudah diakses karena letaknya terlalu berhimpitan dengan bodi. Di pojok kiri masih ada pula 2 lampu yang akan menyala ketika Caps dan FN sedang aktif.

Tampilan layar perangkat ini secara otomatis akan berubah orientasi saat bodi atas digeser. Yang menarik adalah, HTC menyiapkan layar khusus yang akan terlihat pertama kali secara otomatis ketika posisi layar diubah. Bagi kami, fungsi layar tambahan tersebut tidak begitu penting. Sebabnya toh jendela akan secara otomatis kembali ke layar asli Windows Mobile ketika kita memencet sebarang tombol di luar tombol navigasi.

Di belakang bodi, kamera ditampilkan dalam guratan berbentuk segitiga. Tombol kamera bisa ditemukan di sebelah kanan bodi; dekat tombol End call. Di samping tombol ini ada ikon kamera dan tulisan F2.8 FF 3.2 Mega pixels. Meski dalam menu utama diberikan ikon berbeda untuk Camera dan Video Recorder, pada dasarnya kita bisa berpindah modus dengan mudah dari dalam menu. Kita bisa memotret foto dengan resolusi maksimal 3M (2048×1536). Sementara video (termasuk suaranya) bisa direkam dengan durasi sesuai dengan kapasitas maksimal yang tersedia pada memori.

Dalam tekstur segitiga yang lebih “imut” di kanan kamera, akan kita temukan speaker. Tombol volume dua arah ada di sebelah atas kiri bodi. HTC telah menyiapkan fasilitas Audio Booster dan Audio Manager untuk melakukan pengolahan suara.

Untuk membuka penutup slot, dorong saja palang bawah bertulisan Pull sampai terbuka. Ini akan langsung memperlihatkan slot SIM. O ya, ketika penutup slot dibuka, S740 akan secara otomatis mati. Jadi, meskipun mudah diakses tidak berarti kita bisa mencabut dan memasang kartu SIM dan microSD seenaknya.

Dengan kombinasi sistem operasi Windows Mobile terbaru plus prosesor dan memori yang disiapkan, kinerja S740 terbilang baik. Sistem operasi terbaru tentu saja menyajikan fitur terbaru untuk saat ini. Meskipun mendukung HSDPA, sayangnya peranti ini tidak bisa dipakai untuk melakukan komunikasi video (video call). Untuk GPS, HTC hanya memberikan QuickGPS sehingga kita harus melakukan penambahan peta sendiri.

Jika Anda adalah pengguna perangkat genggam berbasis Windows Mobile 6.x, HTC S740 menyediakan hampir semua yang Anda butuhkan. Ketiadaan fasilitas video call dan peta built-in berbasis GPS sayangnya sedikit mencederai pesona perangkat ini. Namun, gabungan kecantikan seri Diamond dan adanya keyboard Qwerty seri S tampaknya merupakan daya tarik yang ingin dikedepankan S740.

PLUS : Keyboard QWERTY.

MINUS : Tidak tersedia fasilitas video call, tidak tersedia peta GPS built-in.

SPESIFIKASI HTC S740
Jaringan : GSM 850/900/1800/1900 MHz
Layar : 2,4”, TFT, 240×320 pixel, 65 ribu warna
Sistem operasi : Windows Mobile 6.1 Standard
Prosesor: Qualcomm MSM7225 528MHz
Memori : ROM 256MB, RAM 256MB
Memori tambahan : MicroSD
Dimensi : 11,7×4,4x 1,8 cm
Bobot : 142 gram
Batere : Li-ion 3,7 V 1000 mAh
Waktu siaga : rata-rata 2 hari
Waktu bicara : rata-rata 4 jam
Konektivitas antarperanti : Port kabel data, Bluetooth, WiFi
Konektivitas internet : GPRS, EDGE, 3,5G
Kamera: 3,2MP
Aplikasi Penting: RSS Hub, JBlend, Voice Commander, Audio Booster, Audio Manager, Camera, FM Radio, Streaming Media, Video Recorder, Adobe Reader LE, Clear Storage, Connection File Setup, Internet Sharing, QuickGPS, A-GPS, Voice Notes, Voice Recorder
Isi paket: Charger + kabel data, headset, manual
Situs Web: http://www.htc.com
Harga kisaran: US$ 550

Ditulis dalam Ponsel. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: