Handphone Tidak Terbukti Menyebabkan Kanker


Terdapat kabar menyeramkan yang mengatakan bahwa handphone dapat menyebabkan kanker. Kanker yang diduga bernama Melanoma sempat menghebohkan pengguna handphone. Namun hal ini dibantah oleh peneliti asal Jerman. Melanoma merupakan salah satu jenis penyakit kanker pada mata.

Pernyataan ini dilontarkan peneliti Jerman setelah melakukan penelitian dengan melibatkan sekira 1.600 pengguna handphone. Dalam penelitian tersebut dinyatakan bahwa tidak ada hubungan yang terkait antara lama waktu penggunaan handphone dengan kanker melanoma mata.

Penemuan ini juga menepis penelitian sebelumnya yang menyatakan keterlibatan handphone dalam menumbuhkembangkan penyakit kanker melanoma mata.

Melanoma mata merupakan penyakit yang sulit disembuhkan dan penyebarannya sangat cepat. Kanker ini menyebar di sel-sel tubuh yang menghasilkan pigmen melanin karena pigmen inilah yang berkontribusi terhadap warna kulit manusia. Pigmen melanin juga terdapat di bagian mata. Kanker jenis ini dinamakan uveal melanoma.

“Tidak ada hubungannya penggunaan handphone dengan kanker melanoma. Bahkan sebuah frekuensi gelombang radio yang dipancarkan pun belum tentu memunculkan kanker dalam tubuh manusia,” ujar Universitas Martin Luther Jerman Dr Andreas Stang, seperti dikutip melalui Reuters.

Demikian dijelaskan peneliti Jerman agar memberikan kejelasan mengenai banyaknya isu yang berkembang di masyarakat tentang bahaya penggunaan handphone. Untuk itu masyarakat dihimbau jangan panik terhadap kabar yang kurang jelas kepastianya.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: