Intel dan Ericsson Berkolaborasi Amankan Notebook


Belum lama ini, Intel dan Ericsson mengumumkan rencana kerjasamanya untuk membuat notebook mobile boardband lebih sulit dicuri. Caranya? Dengan mendesain supaya mobile BroadBand Modules besutan Ericsson kompatibel dengan teknologi Anti-Theft PC Protection yang di lansir Intel.

Kebutuhan untuk memproteksi notebook memang semakin meningkat seiring dengan makin populernya produk ini dan kemudahannya untuk dicuri karena statusnya yang mobile. Padahal jika hiang, kerugaian yang mesti ditanggung bisa tak terkira besarnya karena tidak sedikit pengguna, khususnya korporat yang menyimpan data-data sensitif di sana.

Ide dasar dari kolaborasi ini adalah adanya suatu layanan SMS yang akan mengirimkan pesan ke modul mobile broadband di dalam notebook dan member perintah dari jarak jauh, contohnya, untuk menguncinya sedemikian rupa sehingga tidak bisa dioperasikan. Nah, jika si notebook telah ditemukan dan kembali ke tangan pemilik sahnya, suatu pesan unlock bisa dikirimkan ke produk ini (menggunakan teknologi GPS built-in yang ada di modul Ericsson) sehingga data-data di dalamnya bisa diakses kembali.

Solusi ini dibangun memakai Mobile Broadband Modules milik Ericsson, yang terintegrasi dan dioptimasi untuk notebook. Sedangkan Anti-Theft PC Protection buatan Intel bisa mengunci notebook yang dicuri atau hilang dari jarak jauh berkat tersedianya mekanisme pintar yang dibangun di dalam platform prosesornya untuk mendeteksi situasi yang berpotensi akan mengarah pada pencurian dan meresponnya. Pun teknologi ini dapat membaca kegagalan login yang berulang kali dan habisnya waktu yang membutuhkan koneksi yang telah terjadwal secara regular ke server pusat.

Maunya sih, upaya yang digelar oleh kedua perusahaan ini bisa mengurangi pencurian notebook yang murni bertujuan untuk memperoleh data-data penting yang disimpan di dalamnya. Mari kita nantikan saja kiprah produknya yang disebut-sebut siap tersedia secara komersial mulai pertengahan kedua tahun 2009.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: