Google Bukan Lagi Tempat Ternyaman Untuk Bekerja

Betapa tidak, Google yang kita tahu sebagai perusahaan terbaik kini namanya makin kurang populer sebagai tempat bekerja. Hal ini disebabkan oleh Google tidak mampu mengantisipasi dampak krisis global. Tahun 2009 menjadi tahun terberat bagi Google karena tahun ini pihaknya melakukan efisiensi dengan cara melakukan pemecatan karyawan dan menutup beberapa kantor cabang.

Dikutip dari Cnet Sabtu (24/1/2009), perusahaan yang didirikan Larry Page dan Sergey Brin ini sekarang merosot ke peringkat keempat dalam daftar ‘100 Best Companies to Work For’, yang digelar oleh majalah Fortune.

Padahal sebelumnya, Google menduduki rangking pertama selama dua tahun berturut-turut.

Google harus rela posisinya turun, karena dalam resesi ekonomi ini mereka telah membuat beberapa keputusan yang menyangkut kesejahteraan dan kenyamanan pegawainya. Beberapa tradisi telah dihentikan, di antaranya adalah tradisi minum teh di sore hari (afternoon tea) dan acara wisata ski tahunan.

Daftar tahunan terkemuka ini sudah digodok oleh San Francisco’s Great Place to Work Institute untuk Fortune sejak 1998. Rangkingnya dihitung berdasarkan survey pada lebih dari 81.000 pekerja dari 353 perusahaan. Perusaaan yang diteliti harus berumur minimal 7 tahun dan mempekerjakan lebih dari 1.000 karyawan.

Dan perusahaan yang tahun ini jadi juaranya ialah NetApp. Perusahaan manajemen dan penyimpanan data itu naik pesat karena sebelumnya cuma duduk di rangking keenam.

Melorotnya Google disebabkan beberapa hal. Selain menghentikan beberapa tradisi, kalahnya Google juga dikarenakan Google mengurangi penyerapan tenaga kerja meski 777.000 lamaran masuk ke perusahaan mereka.

Pihak Google terpaksa melakukan efisiensi sebagai jalan terbaik untuk menyelamatkan keadaan perusahaanya terhadap dampak krisis global yang semakin terasa.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: