Beda GPS dengan A-GPS


Rasanya sudah banyak orang tahu istilah GPS yang merupakan kependekan dari Global Positioning System. Sistem ini membuat orang bisa mengetahui lokasi dirinya atau orang lain di muka bumi. Supaya bisa begitu, orang yang lokasinya hendak diketahui harus punya perangkat penerima sinyal GPS.

Perangkat GPS menangkap 3 sinyal dari 24 satelit GPS yang ada di luar angkasa. Perangkat GPS kemudian melakukan perhitungan jarak ke setiap satelit. Dari perhitungan itu, perangkat GPS kemudian mengetahui posisi pemegangnya.

Supaya perangkat GPS bisa menangkap sinyal dengan baik, perangkat harus berada di luar ruangan, bahkan harus dibawah langit terbuka. Kekuatan sinyal bisa berkurang kalau perangkat GPS berada di bawah pohon, dibawah gedung-gedung pencakar langit atau di dalam kendaraan. Sinyal hampir bisa dipastikan menghilang kalau pembawa perangkat GPS masuk ke dalam gedung.

Itulah kelemahan GPS. Makanya, muncullah perbaikan untuk masalah itu. Ialah A-GPS, perbaikannya. A-GPS adalah kependekan dari Assisted-GPS. Anda barangkali sudah sering mendengar istilah A-GPS ini kalau melihat iklan beberapa handphone.

Kenapa handphone? Saat ini, yang paling mungkin membantu GPS adalah jaringan telepon. Coba deh cek layar handphone Anda saat Anda berada di dalam Senayan, Jakarta. Kalau Anda aktifkan suatu fitur akan muncul tulisan “Senayan” di layar handphone. Jadi, dengan menggunakan jaringan telepon seluler, posisi seseorang bisa diketahui berdasarkan BTS (Base Transceiver Station) yang saat ini digunakan handphone.

Untuk menentukan posisi dengan tepat, ada sebuah server pembantu (assistance server). Server ini memiliki satelit dengan sinyal yang sangat baik dan mampu melakukan perhitungan yang rumit untuk menentukan posisi handphone. Server itu juga bisa menyajikan data dari satelit GPS sehingga handphone terhubung dengan satelit kemudian menentukan lokasi handphone.

Karena sinyal handphone bisa menembus ke dalam ruangan, masalah yang dihadapi oleh GPS bisa pun teratasi. Jadi pengguna bisa “blusak-blusuk” sampai ke daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh satelit seperti di bawah atap. Ketika berada di tempat seperti ini, A-GPS mengambil alih tugas mencari posisi chip GPS dalam handphone.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: