Format E-mail Bebas Virus


Salah satu cara penyebaran virus yang paling efektif adalah melalui e-mail. Si pembuat virus cukup melepas e-mail yang berisi virus ke beberapa e-mail target dan akan menyebar secara otomatis ke seluruh alamat e-mail yang terdapat address book target. E-mail bervirus ini nantinya akan terus menyebar dari satu alamat e-mail ke puluhan atau ratusan alamat e-mail lain.

E-mail-e-mail bervirus semacam itu biasanya menyertakan file attachment yang akan menjangkiti komputer apabila si pemilik e-mail membuka file yang disertakan. Untuk itu pengguna dapat memblokir seluruh attachment e-mail yang berpotensi mengandung virus.

Teknik perusakan PC tidak hanya melalui file attachment saja. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan kemampuan pengiriman e-mail dalam format HTML. Dengan format ini, e-mail yang dibuka akan secantik halaman web, karena pengirim e-mail dapat menyertakan gambar, suara, script dan sejenisnya ke dalam badan e-mail.

Kemampuan inilah yang sering dimanfaatkan penyebar virus dengan menambahkan script-script “nakal” yang bisa mengeksploitasi PC di dalam e-mail yang dikirim.

Dengan teknik perusakan ini, pemblokiran attachment tidak akan menolong. Satu-satunya cara utnuk mengatsi masalah ini adalah dengan memblokir e-mail berformat HTML dan mengkonversinya menjadi plain text. Caranya adalah sebagai berikut:
1. Jalankan Windows Mail melalui menu [Start] > [All Programs] > [Windows Mail].
2. Klik menu [Tools] > [Options…].
3. Pada jendela Options yuang baru muncul, klik tab [Read].
4. Berikan tanda cek pada checkbox [Read all messages in plain text].
5. Klik [OK] untuk menutup jendela Options.
Saat ini Anda tidak akan menerima lagi e-mail dalam format HTML. Semua pesan akan dikonversi secara otomatis menjadi teks murni (plain text).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: