Calon Pengguna Wimax Mengginginkan Perangkat Gratis

Para pengguna internet meninginkan jika operator Wimax memberikan perangkat gratis sebagai media promosi. Untuk timbal baliknya mereka pun bersedia membayar paket langganan Rp 300 ribu tiap bulannya.

Demikian hasil riset yang dikemukakan Sharing Vision, Selasa (27/1/2009). Survei yang digelar Januari ini, mengambil metode sampling acak pada 150 responden usia produktif di Jakarta dan Bandung.

Sebanyak 91 persen responden mengaku antusias jika operator memberikan perangkat gratis. Sementara, 92 persen juga menginginkan tarif langganan ditawarkan dalam satu paket bulanan, bukan dihitung dari jumlah pemakaian bandwidth.

Jika dirinci lebih detail lagi, tarif bulanan yang diinginkan juga bervariasi. Mayoritas (38%) ingin tarif bulanan berkisar Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu. Namun demikian, 28 persen masih oke jika tarif yang ditawarkan tak lebih dari Rp 300 ribu.

“92 persen bersedia berlangganan jika harga terealisasi,” Direktur Riset Telematika Sharing Vision, Dimitri Mahayana, menuturkan.

Dari 150 responden yang disurvei secara acak ini masih menggunakan akses internet Telkom Speedy (40%), Indosat M2 (16%), Telkomsel Flash (11%), Indosat 3G (11%), XL 3G (11%), Mobile-8 Fren (5%), Jalawave dan Melsa (3%), dan lainnya (3%).

Mayoritas responden beranggapan tarif akses internet yang digunakan saat ini masih mahal (77%). Cuma 23 persen responden yang menganggap tarif sudah cukup terjangkau kantong mereka.

“Namun mereka masih toleransi jika tarif akses unlimited yang ditawarkan berkisar Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu untuk kecepatan minimum 256 kbps,” tukas Dimitri.

Ia menyimpulkan, ada tiga hal yang harus dipenuhi operator nantinya dalam menyelenggarakan Wimax. “Mereka harus membuktikan kualitas dan kecepatan Wimax, harga perangkat harus murah, dan tarif berlangganan yang kompetitif,” tandas dosen teknik dari ITB ini.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: