Internet Lambat Pelanggan Kabur

Tahukah Anda berapa besar pengaksesan Internet di Indonesia? Pengakses Internet berkisar 8 persen dari total jumlah penduduk Indonesia atau sekitar 16.000.000 jiwa lebih. Walaupun masih kalah jumlah dengan Amerika (33% dari jumlah penduduknya), hal ini merupakan perkembangan yang signifikan dan menggembirakan. Terbukti dengan pencapaian Indonesia di peringkat ke-13 dalam jumlah pengakses Internet di seluruh dunia.

Namun, sekitar 79 persen pelanggan internet tidak puas dengan akses layanan yang digunakannya. Berangkat dari situ, 37 persen yang kecewa akhirnya pindah layanan operator.

Demikian hasil riset Sharing Vision. Lembaga telematika ini mensurvei sedikitnya 150 responden usia produktif di Jakarta dan Bandung, sepanjang Januari 2009.

Responden yang tiap bulannya mengeluarkan Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu untuk biaya telekomunikasi ini, menggunakan akses internet Telkom Speedy (40%), Indosat M2 (16%), Telkomsel Flash (11%), Indosat 3G (11%), XL 3G (11%), Mobile-8 Fren (5%), Jalawave dan Melsa (3%), dan lainnya (3%).

“Pengakuan ini cukup mengejutkan, karena di Internet biasanya sulit sekali untuk churn,” kata Direktur Riset Telematika Sharing Vision, Dimitri Mahayana, kepada TeknologiNET, Selasa (27/1/2009).

Mayoritas pelanggan tersebut mengeluhkan koneksi yang sering putus (57%), kecepatan akses tidak sesuai janji operator (42%), mahalnya tarif langganan (23%), dan kesulitan dalam mendaftar (4%).

Menurut Dimitri, survei ini digelar secara acak untuk mengetahui respon pasar dalam menyambut kehadiran teknologi Wimax untuk akses jaringan nirkabel pita lebar, Broadband Wireless Access (BWA).

Dari 150 responden yang mayoritas mengakses internet setiap hari ini (46%), 50 persen di antaranya menggunakan komputer desktop, 29 persen pakai laptop, dan 21 persen sisanya mengakses internet lewat handphone.

Kebiasaan mereka tiap harinya saat mengakses internet di rumah (44%), kantor (17%), Warnet (13%), hotspot (5%), dan kampus (2%), antara lain browsing (35%), mengakses email (29%), mengunduh (29%), chatting (29%), membaca berita online (9%), dan bermain game (3%).

Sementara situs wajib yang sering dikunjungi secara berturut-turut adalah Yahoo (67%), Google (65%), Friendster (50%), TeknologiNET (34%), Facebook (31%), YouTube (23%), serta Job Seeker (9%), Game Online (3%), dan blog WordPress (1%).

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: