Keuntungan Google Turun Sedangkan Pendapatan Meningkat

Pada saat krisis global yang semakin bergejolak, Google sebagai perusahaan search engine terbesar di dunia mengalami peningkatan pendapatan yang signifikan sebesar US$5,7 miliar, meskipun pendapatanya meroket tetapi profitnya justru berkurang.

Perolehan Google di kuartal keempat tahun 2008 mengalami kenaikan 18 persen dibanding periode yang sama tahun 2007, dan mengalami kenaikan 3 persen dibanding kuartal ketiga tahun 2008.

“Google menampilkan performa prima di kuartal keempat meski di tengah kondisi ekonomi yang sulit,” ujar Eric Schmidt, CEO Google, seperti dikutip dari Softpedia, Selasa (27/1/2009).

Lebih lanjut Schmidt menambahkan “Belum bisa dipastikan berapa lama krisis global akan berakhir, tapi kami fokus untuk jangka panjang, dan akan terus berinvestasi di bisnis iklan dan pencarian serta di bisnis display, mobile, dan enterprise.”

Kendati pendapatannya meroket, profit yang ditangguk perusahaan Mountain View ini mengalami penurunan, dari US$1,29 miliar di kuartal empat 2007 turun menjadi US$382 juta di tahun 2008. Penyebabnya adalah investasi Google di AOL dan Clearwire.

Sementara bagaimana dengan perusahaan software ternama seperti Microsoft? Pihak Microsoft mengumumkan bahwa penjualannya mengalami peningkatan sebesar 2 persen dibandingkan tahun lalu.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: