Uji Keamanan Akses Internet


Peralatan komunikasi ke dunia luar melalui port. Tiap komputer terdiri atas 65535 port. Anda dapat membayangkan port ini sebagai kotak surat. Tiap kotak surat memiliki alamat yang berbeda-beda. Apabila sebuah program ingin mengirimkan data ke komputer lain, ia harus mengirimnya melalui nomor port yang spesifik. Kemudian, komputer yang akan menerimanya juga harus menjalankan program yang telah diatur untuk menerima data dari port yang telah ditentukan.Dengan demikian data yang dikirim tadi dapat dibaca oleh komputer yang lainnya.

Dalam dunia nyata, prosesnya tidak sesederhana itu. Kondisi port yang “terbuka” justru bisa dimanfaatkan para hacker untuk melakukan akses illegal terhadap PC Anda. Untuk itulah dibuat firewall. Firewall berfungsi untuk menutup port yang tidak dapat digunakan dan mengontrol penggunaan port aktif dari orang yang tidak berhak.

Setelah menginstal dan mengonfigurasi firewall, apakah PC Anda sudah Aman? Jangan yakin dulu sebelum Anda mengujinya. Lakukan langkah berikut untuk menguji seberapa tangguh PC Anda.
1.Buka Internet Explorer atau Firefox dan jelajahi situs http://www.grc.com/x/ne.dll?bh0bkyd2
2.Setelah halaman web terbuka, klik tombol [Proceed].
3.Klik link [All Service Ports] untuk memulai scan.
4.Tak lama kemudian akan muncul jendela yang menguji tingkat keamanan web Anda. Jika terdeteksi baik maka akan muncul blok berwarna hijau atau biru. Namun jika ditemukan adanya port yang terbuka dan membahayakan, maka akan ditandai dengan warna merah.
5.Selanjutnya, lakukan tindakan konfigurasi pada firewall Anda untuk menutup celah yang ditemukan.

Cara di atas sangat efektif jika Anda ingin memindah PC pribadi. Jika kebetulan Anda memiliki jaringan dengan jumlah computer yang banyak lalu menggunakan trik di atas, tentu sangat merepotkan. Solusinya, gunakan software Axence Net Tools.aplikasi ini dapat memindai semua port pada PC yang Anda terhubung ke jaringan. Lakukan langkah-langkah berikut untuk memindah jaringan Anda:

1.Mendownload dan install Axence Net Tools di situs http://www.axencesoftware.com/index.php?action=FreeNT
2.Setelah Anda mendownload dan menginstall Axence Net Tools, klik tombol Start, ketik nettools pada kolom pencarian dan tekan Enter.
3.Setelah Net Tools terbuka, klik opsi [Scan Host].
4.Pada boks Address, ketik localhost. Jika Anda ingin melakukan scanning terhadap komputer lain di dalam jaringan, ketikkan alamat IP-nya pada boks ini.
5.Atur port yang akan Anda scan. Di Net Tools Anda memiliki lima opsi: Services, Ports (Well known), Ports (Well known-extended), Ports (Range), and Ports (Trojans). Pilih Ports (Range) untuk memindai semua port.
6.Tekan tombol [Scan] yang terdapat di sebelah kotak alamat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: