Spesifikasi dan Harga Handphone Nokia 7210 Supernova

Desain Nokia 7210 Supernova mirip dengan Nokia 7310, bedanya pada harga Nokia 7210 Supernova harganya lebih murah dan desain keypad-nya berbeda dengan Nokia 7310. Seperti juga Nokia 7310, Nokia 7210 ini mengadopsi candy bar form factor. Bodi dari plastik pada 7310 pun masih tetap dipertahankan pada handphone ini.

Akibatnya, dari sisi kualitas handphone ini jadi terlihat sedikit ‘rentan’ dan kurang kokoh. Sebenarnya kesan kurang kokoh ini pun sudah terlihat pada Nokia 7310 namun bedanya pada Nokia 7310 finishing mengkilap menjadikannya sedikit terlihat elegan dibanding handphone ini.

Cacat lain dari handphone ini adalah desain tombol-tombol pada keypad-nya yang ‘kurang ramah’. Dengan ukuran sekecil ini, produktivitas menulis pesan SMS jadi sedikit menurun. Tombol yang sedikit keras pun tak membantu sehingga perlu ditekan sedikit keras. Ini masih diperburuk lagi dengan antarmuka yang kurang responsif dan ada sedikit delay antara saat tombol ditekan dan perubahan yang terjadi pada layarnya.

Soal pengoperasian, handphone Nokia memang selalu menggunakan tampilan antarmuka yang mudah dicerna dan sederhana karena itu handphone produk Nokia cenderung mudah dipahami meski bagi pengguna yang belum pernah menggunakan produk Nokia sebelumnya. Dan pada Nokia 7210 ini reputasi itu tetap dipertahankan. Tampaknya itu juga akibat dukungan dari sistem operasi Symbian Series 40 yang digunakan di sini.

Yang cukup melegakan adalah tampilan layarnya yang tak terlalu mengecewakan. Meski viewing angle tak terlalu luas namun tampilan layar ini tetap jelas terbaca meski dalam kondisi cahaya matahari yang sangat terang sekalipun. Tampilan huruf tetap tajam dan mudah dibaca dan warna pun tak terlalu drastis perubahannya.

Fitur yang disajikan handphone ini tergolong standar saja. Fungsi-fungsi wajib seperti PIM, kamera, radio FM, Bluetooth jelas ada pada handphone ini. Yang paling menarik mungkin adalah dukungan slot SD card yang mampu menampung hingga kapasitas 4GB sementara kamera 2 megapixel yang dipasang di sini berfungsi cukup bagus meski kualitasnya tak terlalu bisa diandalkan.

Spesifikasi:
Network : GSM 900/ 1800/ 1900
Data : GPRS Class 32, EDGE Class 32
Sistem Operasi : Symbian (Series 40)
Layar : 2.0 inches TFT 240 x 320 pixels
Kamera : 2 MP
Multimedia : MP3/AAC/AAC+/eAAC+/WMA/MPEG-4 player, Stereo FM radio with RDS
Memory : 30 MB + microSD slot
Connectivity : Bluetooth v2.0 with A2DP, USB
Dimensi : 106 x 45 x 10.6 mm
Fitur Lain : Java MIDP 2.0, Built-in handsfree, Macromedia Flash Lite 2.1, Adobe Flash 3.0, Flickr Upload
Situs Resmi : http://www.nokia.com.au

Jadi, meski ditawarkan dengan harga yang lebih murah dari Nokia 7310, handphone ini tetap saja tak bisa disebut handphone yang murah karena penurunan harga yang dilakukan tetap membawa dampak penurunan kualitas juga. Itu juga sebabnya Good Gear Guide hanya memberikan 2,5 bintang pada handphone yang dijual dengan harga US$130 atau kurang lebih setara dengan Rp 1.400.000 ini.

Ditulis dalam Ponsel. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: