Spesifikasi dan Harga Smartphone HP iPAQ Data Messenger

Smartphone buatan HP yang satu ini punya kemiripan dengan HTC S740 atau Xperia X1 dari sisi penggunaan slide out keyboard. Namun terdapat beberapa kelemahan yang membuat produk ini tak dapat bersaing dengan dua kompetitornya. Salah satu penyebabnya adalah desainnya yang kurang menarik.

HP iPAQ Data Messenger

Dibandingkan dengan HTC S740 atau Sony Ericsson Xperia X1, yang satu ini memang terlihat agak sedikit kuno lantaran ukuran bodinya yang lebih lebar dan besar. Desain lengkung dan penggunaan warna dark navy dengan glossy finish pun ternyata tak banyak membantu memperbaiki kekurangan pada penampilan itu.

Tapi yang lumayan menarik justru adalah konstruksi tombol d-pad nya. Bukannya menggunakan tombol biasa, HP justru malah menanam kamera kecil di bagian tengah dari d-pad ini dan berfungsi mendeteksi ke arah mana gerakan jari Anda. Selain tombol d-pad ini masih ada dua tombol kecil yang masing-masing berfungsi untuk menerima dan mengakhiri pembicaraan. Tombol lain yang ada di tampilan depan ini adalah untuk mengakses Windows dan tombol OK.

HP iPAQ Data Messenger

Lalu bagaimana dengan keyboard QWERTY yang ada di lapis kedua? Ternyata keyboard ini juga tak terlalu menawarkan sesuatu yang baru. Ukuran bodi smartphone yang cukup besar ini ternyata tak berdampak banyak pada ukuran keyboard-nya. Dari segi kenyamanan, keyboard ini juga tak memberikan kenyamanan layaknya pada dua pesaingnya sehingga produktivitas Anda mengetik pun bisa dipastikan tak akan terlalu bagus.

Celakanya lagi, kualitas layar berukuran 2,8 inci yang dipasang di sini pun tak terlalu mengagumkan. Resolusinya hanya 320 x 240 pixel dengan tampilan layar yang hanya 65 ribu warna saja. Namun karena smartphone ini ditargetkan untuk kalangan bisnis, bisa jadi tampilan ini tak akan terlalu mengganggu selama teks masih tetap terbaca dengan jelas.

HP iPAQ Data Messenger

Untungnya dari sisi performa, HP iPAQ Data Messenger ini tak terlalu mengecewakan. Performa cukup responsif, jelas karena prosesor yang dipasang di sini adalah Qualcomm 7201A berkecepatan 528MHz. Smartphone ini juga dilengkapi dengan RAM berukuran 128MB dan ROM berkapasitas 256MB. Bila tak cukup, HP masih menyediakan slot microSD card untuk mendongkrak kapasitas ini.

Dengan dipasangnya tombol untuk Windows pada bagian depan, jelas bahwa ponsel pintar ini bekerja dengan sistem operasi Windows Mobile, dan versi 6.1 adalah yang di pakai pada produk ini. Meski bukanlah pilihan terbaik, tapi setidaknya Anda masih mendapatkan Office Mobile suite untuk membuat atau menyunting dokumen berformat Word atau Excel.

Spesifikasi:
Network : GSM 850/ 900/ 1800/ 1900, HSDPA 900/ 1900/ 2100
Data : GPRS Class 10, HSCSD, EDGE Class 10, HSDPA 7.2 Mbps, Wi-Fi 802.11b/g
Sistem Operasi : Microsoft Windows Mobile 6.1 Professional
Layar : 2.81 inches TFT touchscreen (240 x 320 pixels)
Kamera : 3.15 MP, autofocus, flash
Multimedia : Media player
Memory : 128MB SDRAM, 256MB flash ROM
Connectivity : Bluetooth v2.0 with A2DP, USB v2.0
Dimensi : 114 x 57 x 17.4 mm
Fitur Lain : GPS, Pocket Office, Java MIDP 2.0
Situs Resmi : http://www.hp.com

Meski masih banyak kelemahan, namun Trusted Reviews masih memberikan nilai 7 dari 10 untuk produk yang dilempar ke pasaran dengan harga 400 Poundsterling atau sekitar Rp 6.800.000 ini. Situs ini juga memberikan nilai plus pada pemasangan GPS, Wi-Fi serta dukungan jaringan HSDPA yang diusung smartphone ini.

Ditulis dalam Ponsel. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: