Google Larang Trademark ‘Netbook’ di Search Engine

Perusahaan pembuat netbook, Psion, telah memenangkan perang perdebatan penggunaan term ‘netbook’ minggu ini yang telah digunakan secara umum. Dalam perdebatan, Google melakukan banned atau melarang term ‘netbook’ dari seluruh jaringan iklan Google. Sebuah situs JK on the Run, melaporkan mengenai berita Psion ini, dan memberitakan tentang Google yang telah menginvestigasi trademark ‘netbook’ yang diklaim oleh Psion. Hasilnya Google secara resmi mengetahui bahwa faktanya term ‘netbook’ merupakan trademark yang dilindungi.

“Google melakukan investigasi term ‘netbook’, setelah mereka menemukan term tersebut dalam jaringan iklan Google. Google kemudian memastikan bahwa term ‘netbook’ merupakan trademark yang telah teregister dan terproteksi, sehingga Google kemudian menginformasikan kepada customer iklan Google, bahwa term tersebut tidak bisa digunakan lagi di iklan Google.” tulis James Kendrick dalam situs JK on the Run.

Trademark ‘netbook’ tersebut diciptakan oleh Psion, diadopsi oleh Intel dan perusahaan lainnya yang mengindikasikan bahwa ‘netbook’ tersebut merupakan generasi akhir dari subnotebok. Banyak perusahaan pembuat netbook tidak pernah mengatakan produk netbooknya dengan ‘netbook’. Seperti contoh, Dell yang tidak pernah mengucapkan produk netbook Mini 9, atau AMD yang memanggil Mini 9 dengan sebutan ‘mini-notebook’.

Selain itu, Asus juga mereferensi Eee PC sebagai netbook, namun hanya diungkapkan tidak secara resmi atau personal. Asus lebih mendefinisikan strategi baru untuk mencoba trademark baru ‘Eee PC’ untuk menjadi term yang populer untuk jenis netbook pada umumnya. Sementara Google menghilangkan kata ‘netbook’ dalam jaringan iklannya, Psion justru berencana untuk mengembangkan term ‘netbook’ sebagai pencarian profit bagi siapa saja yang menggunakan term tersebut.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: