Browser IE Microsoft Digugat Komisi Uni Eropa dan Mozilla

Persaingan browser semakin menjadi-jadi setelah Microsoft di tuduh telah melakukan kecurangan dengan cara membundling web browser buatanya dalam sistem operasi Windows. Microsoft semakin terdesak setelah Komisi Uni Eropa dan Mozilla bergabung untuk melakukan gugatan.

Rupanya tudingan tentang kecurangan yang dilakukan Microsoft ini diamini oleh Mozilla. Dalam blognya, ketua Mozilla, Mitchell Baker mengatakan bahwa tidak ada sedikitpun keraguan bahwa Microsoft telah melukai persaingan di dunia browser, merongrong inovasi produk serta membatasi pilihan konsumen.

Oleh karena itu, Mozilla akan mendukung upaya Uni Eropa menghadang praktik persaingan tidak sehat yang dilakukan Microsoft. Dalam kasus ini, Mozilla berdiri sebagai pihak ketiga, yang berwenang memberikan pendapat ke regulator Eropa, melihat pernyataan yang dikirimkan Uni Eropa ke Microsoft, dan berpartisipasi dalam dengar pendapat jika diinginkan.

Sekitar setahun yang lalu, Opera telah melayangkan protes ke Komisi Uni Eropa terkait praktik curang yang dilakukan Microsoft tersebut.

Persaingan di ranah browser memang semakin ketat. Menurut laporan dari XiTiMonitor, bulan November lalu, pangsa pasar IE di Eropa adalah 59,5 persen, dibayangi oleh Firefox Mozilla dengan 31,1 persen, Opera 5,1 persen, Safari 2,5 persen, dan Chrome sekitar 1,1 persen, demikian seperti dilansir dari PCworld, Selasa (10/2/2009). Untuk saat ini, Google dan Apple belum memberikan tanggapan mengenai hal ini.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: