Mengeksploitasi Teknologi di Laptop

Laptop merupakan barang gadget yang berkembang sangat cepat, karena kemampuannya yang handal menjadikan laptop sebagai solusi kepraktisan pengganti PC. Berbagai macam teknologi terdapat dalam laptop, salah satunya adalah Web conference.

Sebanyak 80 persen organisasi telah memilih laptop, dengan mekanisme komunikasi yang simple dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat juga praktis. Kombinasi koneksi yang cepat, layanan portabilitasnya, dan komunikasi real time, mungkin hanya sebuah teori, karena masih ada kelemahan di balik aplikasi yang bekerja di laptop. Selain browsing web dan email, masih ada web conference, VoIP (Voice over IP), IM (Instant Messaging, blogging, dan yang sedang populer, situs jejaring social, yang bisa dilakukan melalu laptop atau notebook atau netbook ataupun tablet PC.

Berikut ini merupakan ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan mekanisme komunikasi yang sesuai dengan laptop untuk mobile work di perusahaan?

Email
Kelebihan : mudah dan efisien untuk menyimpan jejak berita project, komunikasi antar member tim, atau mengetahui berita seputar yang terjadi di perusahaan, cukup aman jika diaplikasikan di laptop atau notebook atau netbook.
Kekurangan : sering menyita waktu kerja pegawai. Bukan berarti pegawai yang sudah membuka email, maka ia selalu memiliki waktu untuk membalas email, karena sering tidak ada waktu, menghabiskan baterai dan bandwith.

Aplikasi berbasis web
Kelebihan : koneksi web bisa untuk akses intranet dan Internet, yang bisa digunakan untuk input data, seperti expenses, dan sebagainya.
Kekurangan : tidak bisa memastikan koneksi akan terus tersambung, sedangkan laptop tergantung pada koneksi data.

Web conference atau video conference
Kelebihan : memberikan kesempatan kepada tim untuk bekerja secara virtual, atau dengan video yang mengesankan bahwa komunikasi tetap terjalin
Kekurangan : masih bermasalah di komunikasi antar platform, bandwith yang dipakai, device yang berbeda dan koneksi data tidak selalu tersambung. Koneksi data atau file sering putus karena berada di pesawat, jaringan hostpot hotel dan ruang meeting yang tidak stabil

VoIP (Voice over IP)
Kelebihan : komunikasi suara yang efektif biaya dan bisa digunakan secara luas
Kekurangan : kualitas VoIP yang belum tentu bagus, tergantung dengan speaker standard dan microphone

IM (Instant messaging)
Kelebihan : percakapan yang real time, lebih baik dibandingkan forward atau back email
Kekurangan : percakapan yang mendetail bisa lebih panjang daripada percakapan yang sama dengan menggunakan suara

Blogging
Kelebihan : partisipan dalam percakapan yang informal mengenai suatu topic, atau bisa mendapatkan informasi yang penting dari orang lain, bisa melalui posting atau komentar
Kekurangan : biasa dipakai oleh PR atau eksekutif, sedangkan pegawai mungkin memerlukan training untuk mempelajari content berita yang berasal dari perusahaan, dan selalu didorong untuk me-maintain tool blog.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: