Media Online Masih Jadi Sumber Terpercaya

Sumber informasi bisa di peroleh dari mana saja seperti televisi, koran, ataupun radio. Dalam survei yang dilakukan oleh lembaga Edelmen Trustbarometer diketahui bahwa media online merupakan media dengan peringkat tertinggi sebagai sebagai sumber infomasi terpercaya bagi para pebisnis di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Edelman Trustbarometer, Aditya Chandra Wardhana, dalam konferensi pers di Jakarta, terkait hasil survei perusahaan tersebut atas tingkat kepercayaan masyarakat terhadap satu instansi.

Dari hasil survei terhadap 200 orang elit informasi, Edelmen Trustbarometer menemukan ada tiga sumber informasi paling dipercaya menurut kalangan elit informasi Indonesia, yakni konten online, berita televisi, dan komunikasi langsung dari manajemen perusahaan.

Tingkat kepercayaan para elit informasi yang berpendidikan sarjana terhadap konten online mencapai 41 persen, sedangkan untuk informasi di televisi 40 persen, dan komunikasi langsung pada manajemen perusahaan mencapai 36 persen.

Sementara untuk tingkat kepercayaan di tingkat media konvensional, seperti artikel di majalah bisnis, berada di peringkat kedua yakni 35 persen, diikuti radio 29 persen, dan terakhir baru surat kabar dengan 27 persen.

Aditya mengatakan, survei tersebut dilakukan kepada para eksekutif yang berusia 25 tahun hingga 65 tahun, dengan penghasilan mencapai Rp30 juta ke atas sebulan.
“Mereka terbiasa mengikuti berita online karena mereka butuh informasi cepat untuk mengambil keputusan,” ujar dia.

Kebanyakan mereka membutuhkan informasi awal dari setiap kebijakan atau peristiwa terkait isu global yang kemungkinan berdampak pada usaha di sektor masing-masing, ujar Aditya.

“Selanjutnya mereka akan mengontak secara pribadi pengamat-pengamat yang biasanya sudah mereka kenal,” ujar dia.

Dari hasil survei itu sendiri ternyata media massa menjadi institusi yang paling bisa dipercaya dengan persentase mencapai 77 persen, dibandingkan dengan korporasi, pemerintah, dan LSM.

Dari hasil survei, tingkat kepercayaan terhadap informasi dari korporasi berada di urutan kedua dengan persentase sebesar 62 persen, LSM di urutan ketiga dengan 46 persen, dan pemerintah 45 persen.

Survei telah dilakukan dalam 10 tahun terakhir di 20 negara dengan tingkat error margin 5 persen. Perlu diketahui bahwa Edelman adalah perusahaan yang telah terbiasa melakukan survei mengenai kepercayaan masyarakat atas kondisi aktual secara global.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: