Email Pintar Dengan Teknologi Semantik Dapat Memahami Frase

Email pintar dengan teknologi semantik telah ditemukan oleh seorang ilmuwan dari Stanford University, Amerika Serikat, yang berhasil mengembangkan sistem email yang dapat digunakan untuk memilih dan menentukan siapa-siapa saja yang berhak menerima pesan walaupun pengirim tidak mengetahui alamat email orang yang ingin dikirim.

Sistem email pintar ini dibangun berbasis teknologi semantik (makna). Dengan teknologi semantik sistem email tersebut mampu memahami frase dan hubungan di antara kata-kata yang diketik pembuat pesan.

Selanjutnya, sistem email melakukan sinkronisasi dengan database alamat email pengguna untuk menentukan kepada siapa saja pesan itu dapat dikirimkan. Profesor Ilmu Komputer Stanford University Michael Genesereth telah menguji sistem email ini sejak beberapa tahun silam bersama rekan-rekan sesama ilmuwan dari AS, Irlandia, dan Austria.

Genesereth berencana memperluas pengujian dengan melibatkan 6.000 mahasiswa dari lingkungan Jurusan Ilmu Komputer Stanford University pada tahun ini. Jika pengujian ini berhasil, maka sistem email pintar tersebut akan digunakan di seluruh lingkungan Stanford University. Sejumlah korporasi raksasa juga sudah menyatakan minat untuk menguji sistem email pintar temuan Genesereth.

“Tujuannya adalah mengubah cara manusia dalam mengirim email. Dengan cara ini, manusia dikenali dengan karakternya, bukan dengan teks. Ini juga memudahkan orang berkirim email karena mereka tidak lagi harus repot memilih alamat dalam address book,” sebut Genesereth. Genesereth menambahkan, sistem email ini tidak akan sulit diimplementasikan karena database tentang profesi manusia dan organisasi serta semantik sudah banyak tersedia.

Hal yang perlu dilakukan adalah mengintegrasikan seluruh database itu dan meningkatkan ketepatan analisis sistem email pintar ini. Sistem email yang menggunakan teknologi semantik ini bahkan akan dikembangkan agar mampu menyaring spam yang dapat menyaring berdasarkan isi pesan dan siapa pengirimnya. Diharapakan setelah rampungnya sistem ini penerima pesan yang relevan saja yang dapat menerima email tersebut.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: