Perebutan Istilah Netbook "Hak Paten"

Selama ini, istilah netbook merupakan sebutan untuk produk mini notebook. Akan tetapi, istilah tersebut perlu dikoreksi kembali, sejak perusahaan Psion mengklaim, bahwa ia telah menggunakan istilah netbook untuk produk-produknya sejak 1996. Dan dengan ini, Psion menuntut perusahaan-perusahaan netbook agar merevisi ulang pemberian nama untuk perangkat-perangkat mereka.

Terminus itu sendiri sebenarnya sudah lama melekat di dunia maya. Meskipun begitu, Psion tetap merasa keberatan, karena Psion sudah menggunakan sebutan netbook untuk organisasinya sejak tahun 1996 dan menerapkannya pada produk-produk notebooknya sejak tahun 2000.

Psion menyatakan, bahwa “branch-market”-nya telah dilanggar. Oleh karena itu, Psion akan mengajukan tuntutan kepada perusahaan-perusahaan, para penjual, dan website-website yang menggunakan istilah netbook untuk sebutan mini notebook.

Meskipun demikian, para produsen netbook tidak begitu menghiraukan peringatan Psion ini. Salah satunya adalah Dell. Dell sendiri malah akan mengajukan proposal kepada kantor pelayanan hak paten Amerika Serikat agar menghapus “branch-market” Psion tersebut. Alasannya adalah, bahwa Psion sudah tidak lagi memproduksi perangkat-perangkat seperti itu. Selain itu, registrasi sebuah merk hanya berlaku selama lima tahun. Sedangkan, Psion sudah tidak lagi menggunakannya sejak lima tahun.

Selama kasus ini belum pasti secara hukum, Wikipedia Jerman memilih untuk menjaga jarak dari terminus netbook. Sejak 12 Februari, Wikipedia.de telah menghapus jargon netbook dari kamusnya. Pertanyaannya sekarang adalah, apakah Psion tetap boleh memegang nama tersebut sebagai “branch-mark”-nya, atau ia mengijinkan istilah tersebut sebagai jargon umum.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: