Internet Lemot Lakukan Class Action Saja

Banyaknya tawaran menggiurkan yang diberikan oleh provider internet mengenai kualitas layanannya, membuat banyak orang merasa terkesima. Namun, tawaran ini hanyalah omongan belaka. Bagi Anda yang sangat sulit mengakses internet melalui datacard 3G dan seakan-akan hak Anda sebagai pengguna “ditipu”. Muncullah ide untuk melakukan Cass action.

“Silakan saja jika masyarakat ingin menggugat secara class action. Itu hak mereka,” ujar Kepala Pusat Informasi Depkominfo, Gatot S Dewa Broto, kepada TeknologiNET.

Pemerintah, lanjutnya, hanya bisa menegur dan memberi sanksi kepada operator yang bermasalah, jika terbukti melanggar hak pelanggan. “Kami masih akan mengevaluasi sampai 21 Juli 2009,” ujarnya.

Saat ini ada lima operator yang menyelenggarakan layanan 3G, yakni Telkomsel, Indosat, Excelcomindo Pratama (XL), Natrindo Telepon Seluler (Axis), dan Hutchison CP Telecommunication (Three).

Operator 3G tersebut, khususnya tiga besar Telkomsel, Indosat, dan XL, selalu menjawab dengan pernyataan yang sama jika ditanya mengenai masalah sulitnya akses internet: kekurangan frekuensi.

“Kalau memang frekuensinya kurang, kenapa tetap gencar jualan?” kata Dina, pengguna 3G dari Indosat M2, yang sehari-harinya mengajar di sejumlah perguruan tinggi. Dina menggunakan akses berbasis volume based dan harus membayar lebih dari Rp 500 ribu tiap bulannya karena memilih paket layanan pascabayar.

“Awalnya saya memilih paket yang agak mahal, karena saya mementingkan kualitas, sebagaimana yang dijanjikan oleh mereka (IndosatM2.). Ternyata kini, boro-boro mau buka YouTube untuk men-download materi kuliah, untuk membuka layanan blog lokal saja lebih sering lambatnya,” sesalnya.

Banyak sekali kasus seperti Dina yang seharusnya pelaku provider internet menyadari kelemahannya dan mau terbuka untuk melakukan inovasi. Jika tidak, kita sebagai pengguna dapat melakukan tuntuan atas “kinerja” yang kurang maksimal.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: