Intel dan Psion Perang Trademark Netbook

Setelah beberapa minggu yang lalu, Google melakukan aksi larangan menaruh trademark ‘Netbook’ di iklan dan search engine-nya, kini masih berkaitan dengan hal tersebut, Intel juga mengaku berang atas diklaimnya trademark atas hak milik perusahaan Psion Teklogix. Pada Rabu (25/02) lalu, Intel telah bergabung dengan Dell dan perusahaan komputer lainnya dalam rangka untuk ‘membebaskan’ term netbook dari genggaman perusahaan pembuat PC, Psion Teklogix.

Dalam dengar pendapat awal bulan ini, Intel mengajukan pernyataan kepada pihak pengadilan untuk membatalkan trademark ’netbook’, yang sebelumnya diklaim oleh Psion. Menurut Intel, term netbook tersebut seharusnya tidak menjadi trademark manapun seperti sekarang ini, karena telah dipergunakan secara luas untuk mendeskripsikan sebuah kategori baru dari laptop yang berukuran kecil, murah dan mampu menjalankan aplikasi dasar untuk laptop pada umumnya.

Intel juga mempertanyakan mengenai legalitas hukum untuk memperbolehkan menggunakan term netbook. Hal ini dikarenakan Intel sendiri sering menggunakan term tersebut ketika usahanya memasarkan chip Intel Atom, sebuah chip dengan hemat energi yang mampu berjalan di netbook.

Sementara itu, Dell juga berusaha untuk menghapuskan ’kekuasaan’ dari Psion untuk term netbook. Dell juga berusaha membatalkan kepemilikan Psion atas trademark netbook dengan adanya U.S. Patent dan Trademark Office, dimana keputusannya masih ditunda. Menurut IDC, sensasi netbook muncul sejak Asustek mengumumkan Eee PC Oktober 2007, yang kemudian menarik banyak perusahaan top seperti Hewlett-Packard, Dell, Acer dan Lenovo. Hingga tahun 2008 lalu, penjualan netbook telah mencapai 10 juta unit, dan akan semakin bertambah di tahun ini, tambah IDC. Hingga kini, Psion belum memberikan komentarnya.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: