Kecepatan Internet Broadband Minimum 256 Kbps

ISP atau sering disebut Internet Service Provider belum mampu menyediakan kecepatan minimum 256 kbps. Hal ini dikarenakan masih lemahnya jaringan yang ada di Indonesia. Saat ini kita hanya menikmati layanan kecepatan bandwitch up to 256 kbps, yang artinya ISP belum sanggup memenuhi kuota yang semestinya.

“Menurut saya minimum speed lebih dari 256 kbps. Tapi tak bisa dipungkiri kondisi infrastruktur di Indonesia masih banyak kendala,” kata Guru Besar Teknologi Informasi ITB Profesor Doktor Suhono Harso Supangkat, usai acara pengukuhan guru besar ITB di Balai Pertemuan Ilmiah ITB, Jalan Surapati No 1, Jumat (27/2/2009) sore.

Akses internet berkecepatan tinggi atau broadband memang memiliki standar minimal kecepatan. Pada dasarnya setiap negara berbeda dalam menentukan batas kecepatan. Negara-negara di Asia seperti Singapura, Malaysia dan India sudah bisa menikmati kecepatan di atas 512 kbps, bahkan Jepang bisa mencapai 1 Gbps.

“Tapi infrastruktur di kita berkembang ke arah sana (peningkatan – red). Karena kehadiran teknologi pita lebar (broadband) akan mengubah cara berkomunikasi dari yang berbasis suara menjadi berbasis data. Dan ini perlu disokong oleh infrastruktur, ” tandas Suhono.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: