Awas, Layanan Chatting Gmail Bisa Curi Detail Login

Hacker telah mengirim email phishing ke pengguna Gmail via system IM (Instant Messaging) Google Talk, menurut laporan Sophos. Perusahaan keamanan tersebut menyebutkan bahwa pengguna Gmail telah menerima pesan IM yang mendorong pengguna Gmail untuk melihat video dengan meng-click link TinyURL.

Namun, ketika di-click, link hoax atau penipu ini kemudian menavigasikan user ke sebuah website bernama “ViddyHo”, dimana user kemudian didorong untuk memasukkan username dan password mereka. “Kami biasanya menggunakan komunikasi melalui email, namun penyerangan ini diterima via system chatting yang dibangun di Gmail. Sebagai hasilnya, banyak user yang jatuh dalam perangkap hacker tersebut.” kata Graham Cluley, konsultan teknologi senior di Sophos.

Penelitian yang dilakukan Sophos juga telah menghasilkan sebanyak 41 persen pengguna web memiliki password yang sama untuk setiap situs yang mereka kunjungi. Oleh karena itu, kemudian Sophos mendorong para user yang pernah menjadi korban situs yang membujuk rayu tapi menipu, untuk menguah password di situs yang memiliki detail login yang sama dengan account Gmail.

“Jika user pernah merasa tertipu, maka pastikan untuk mengubah password Gmail dengan segera, atau jika tidak seluruh address book dan koresponden user, termasuk informasi yang diterima mengenai account online lainnya, akan dengan cepat diambil oleh hacker.” ungkap pihak Sophos. TinyURL kini telah mem-blacklist situs tersebut, sehingga link hoax tersebut tidak bisa bekerja lagi.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: