Indonesia Bangun Kabel Bawah Laut Surabaya-HongKong

Pembangunan serat optik bawah laut yang menghubungkan antara Surabaya ke HongKong sepanjang 4.300 akan diwujudkan oleh PT Fangbian Iskan Corprindo (FIC) Indonesia milik pengusaha lokal Dahlan Iskan. FIC akan bekerja sama dengan Telemedia Pacific Inc (TPI) HongKong untuk menghubungkan kabel serat optik Surabaya ke HongKong.

Sementara, vendor untuk jaringan kabel lautnya sendiri adalah NEC dari Jepang. Perusahaan ini tak lain adalah perusahaan sama yang ikut dalam tender pembangunan proyek Palapa Ring.

President Director PT FIC, Linggar Mulyono menargetkan, proyek penanaman kabel antarnegara yang memakan total investasi US$ 200 juta ini, diharapkan bisa rampung dibangun selama dua tahun.

“Kami harap tahun 2011 sudah selesai. Sejak penandatangan hari ini, kami akan langsung melakukan survey teknis agar kabel bisa segera dibangun mulai pertengahan tahun ini,” ucapnya di sela signing ceremony yang berlangsung di Graha Pena, Ahmad Yani, Surabaya, Sabtu (28/3/2009).

Linggar menjelaskan, jika jaringan serat optik ini sudah bisa dioperasikan nantinya, maka kemampuan kapasitas transfer data yang akan dimiliki mencapai 1,9 terabit per detik (Tbps).

“Ini setara kemampuannya dengan seluruh bahasa di dunia diucapkan secara bersamaan. Kapasitas yang cukup besar ini kami harap bisa memenuhi kebutuhan Indonesia,” lanjutnya.

Proyek kabel bawah laut ini memang menghubungkan Surabaya-HongKong. Namun sebelum sampai di Surabaya, kabel terlebih dulu dicabangkan ke Jakarta. Selain Jakarta, kabel ini juga dipersiapkan untuk singgah di negara lain semisal Singapura, Manila, dan Kuala Lumpur.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: