Tahun 2060 Australia dan Asia Hadapi Kekeringan Buruk

Pernahkah Anda merasa kepanasan di siang hari? Ya, memang cuaca saat ini memang tidak menentu. Adanya prediksi dari ilmuan lingkungan bahwa musim panas di wilayah Asia dan Australia pada tahun 2060 akan menjadi semakin panas hingga bisa menjadi pembunuh nomor satu manusia. Hal ini terjadi karena tingginya polusi udara, temperatur yang terus naik, kekeringan yang melanda dan polusi udara yang menjadi ancaman kesehatan.

Reuters, Senin (30/3/2009), melansir pada 51 tahun mendatang, musim panas akan berdampak pada gangguan kesehatan seperti asma atau gangguan jantung.

Menurut seorang ilmuwan dari Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO), Martin Cope, musim panas akan meningkat tiga kali lipat jumlah penderita gangguan kesehatan.

“Siang hari akan terasa lebih panas, begitupun malam hari dan kita harus mulai merencanakan sesuatu untuk mencegahnya,” ujarnya.

Data CSIRO mengungkapkan, rata-rata temperatur di Sidney akan meningkat hingga 30 derajat selsius dari saat ini. “Berdasarkan model komputerisasi kita melihat adanya peningkatan temperatur sekira 20 persen dan bahkan ada hari dimana kenaikan suhu sangat ekstrem mencapai 100 persen,” ujar Cope.

Perubahan musim ini sangat berpengaruh pada warga Australia yang berusia di atas 65. Diperkirakan jumlah warga Australia berusia 65 tahun ke atas meningkat dua kali lipat pada 2060.

“Perubahan iklim memiliki efek yang sangat besar dalam meningkatkan jumlah angka kematian,” ujarnya.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: