Bermain Facebook dan YouTube Dapat Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Memblokir Facebook atau YouTube di kantor merupakan langkah yang tidak bijaksana, pasalnya bermain Facebook dan YouTube di kantor dapat memacu meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Studi yang dilakukan Universitas Melbourne mengungkapkan, bila seseorang yang bekerja menggunakan internet sebagai media untuk kepentingan personal akan mampu meningkatkan produktivitas kinerja sebesar 9 persen dibandingkan dengan pekerja kantor yang tidak pernah menggunakan internet.

“Para pekerja di kantor membutuhkan sedikit waktu luang untuk bisa beristirahat, sebelum benar-benar kembali berkonsentrasi dalam pekerjaannya. Istirahat yang dimaksud bukan berarti berleha-leha, tapi mengalihkan otak untuk tidak melulu berpikir tentang target dan pekerjaan. Sedikit waktu luang berarti mengistirahatkan otak, dan pasti akan meningkatkan produktivitas,” ujar tim peneliti Brent Coker, seperti dikutip melalui Reuters.

Coker menyebut menyebut kegiatan browsing internet di kantor dengan istilah WILB atau kepanjangan dari Workplace Internet Leisure Browsing.

Menurut studi yang melibatkan sekitar 300 orang pekerja menyebutkan, 70 persen dari jumlah responden sangat menginginkan aktivitas WILB. Di antara aktivitas WILB yang sangat diinginkan mereka adalah mencari informasi mengenai produk terbaru, membaca berita online, bermain online games dan melihat video di YouTube.

“Sebagian perusahaan menganggap browsing internet dapat menurunkan kinerja para pegawai yang berakibat pada penurunan pendapatan. Namun hal tersebut tidak selamanya benar jika perusahaan mau melonggarkan sedikit aturan, daripada membeli software untuk melakukan pemblokiran,” ujar Coker.

Coker menambahkan, setidaknya para pekerja membutuhkan sekitar 20 persen waktu dari total jam kerja mereka di kantor, untuk membrowsing internet dan bersosialisasi di dunia maya.

“Jadi, sangatlah tidak bijak jika sebuah perusahaan harus mengeluarkan uang jutaan rupiah hanya untuk membeli software yang tidak berguna, hanya untuk memblokir situs yang belum tentu merusak produktivitas karyawan,” ujar Coker.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: