Bisnis Aksesoris Lebih Untung Ketimbang Game

Tidak dapat dipungkiri bisnis game merupakan bisnis yang menggiurkan, tapi lama-kelamaan tergeser dengan menjual aksesoris game. Dahulu, voucher game merupakan bisnis yang menjanjikan bagi pengembang game dengan melakukan penjualan game ke konsumennya lewat voucher.

Aksesoris game tersebut bisa berupa icon, karakter atau hal-hal terkait game yang digilai seorang gamer. Pergeseran model bisnis ini tak lain lantaran ketatnya persaingan bisnis yang mau tak mau memaksa industri untuk berubah.

Hal itu pun diakui oleh Arief Widhiyasa, Direktur Agate Studio yang merupakan game development asal Bandung. Menurutnya, potensi pasar game Tanah Air, tetapi untuk bisa meraup keuntungan di lahan yang masih basah ini perlu menjalankan bisnis dengan fleksibel, termasuk mengubah model bisnisnya.

“Potensi ada dan masih cukup besar. Tapi kita perlu cara untuk masuk ke pasar. Dengan mengubah bisnis model dari jual game menjadi jual icon di game, saya yakin industri ini makin besar dan makin diminati,” ujarnya kepada TeknologiNET usai seminar Game Development & Industry Potential di ITB, Sabtu (4/2/2009) malam.

Arief meyakini, dengan menjual icon dan karakter justru lebih potensial dan lebih besar meraup passive income daripada menjual gamenya sendiri. “Contohnya sekarang ada pemain baru yang melihat karakter temannya sudah memiliki icon-icon yang menarik. Dia pasti akan berusaha bagaimana untuk memiliki icon tersebut,” terangnya.

Arief optimis karena menurutnya pasar game di Indonesia masih belum banyak pengembangnya yang konsisten dalam membuat game. “Menurut survei, di Negara Amerika pada tahun 2006-2007 growth gamers mencapai 20 persen. Sedangkan di Indonesia belum ada survei, tapi dilihat dari jumlah penduduk Indonesia, saya yakin potensi bisnis games masih terbuka lebar,” kata Arief seorang mahasiswa ITB ini.

Ditulis dalam Tak Berkategori. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: