Konsumsi Coklat Mampu Memperbaiki Kinerja Otak

Bagi penggemar coklat dapat bergembira karena banyak manfaat yang terdapat di dalam sekeping coklat. Dalam coklat hitam memiliki kandungan theobromine, phenethylamine, dan kafein yang jika dikonsumsi secara seimbang dan tepat akan membantu fungsi pembuluh darah. Berdasarkan studi yang dilakukan para peneliti dari Northumbria University, Inggris, mengonsumsi coklat juga dapat meningkatkan kemampuan dalam pelajaran matematika.

Selain memperbaiki fungsi peredaran darah, cokelat sebagai sumber zat bio-aktif anti-oksidan polifenol, khususnya flavonoid memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Biji cokelat mengandung banyak monomer epicatechin (flavanol), dan molekul procyanidins (bentuk polimer). Fungsi flavonoid pada cokelat juga sebagai antioksidan melalui mekanisme penangkapan senyawa radikal bebas dan menghambat oksidasi enzim-enzim seperti lipoxygenase. Dalam hal ini procyanidin adalah penangkap radikal bebas yang efektif.

Selain memiliki efek antioksidan, cokelat juga mampu merangsang sistem kekebalan tubuh, dengan memproduksi lebih banyak sitokin (protein yang diproduksi sebagai bagian dari sistim imun tubuh).

Menurut seorang peneliti, David Kennedy, kandungan zat aktif Flavanol dalam coklat dapat meningkatkan kerja otak. Aliran darah ke otak menjadi lebih lancar karena Flavanol dan juga kandungan kimia polyphenols yang terdapat dalam coklat. Demikian dilansir Times of India, Minggu (5/4/2009).

Studi yang dilakukan terhadap sekitar 30 sukarelawan. Sebelum melakukan ujian matematika berupa hitung-hitungan angka antara 800 hingga 999 angka, para sukarelawan yang telah mengonsumsi minuman coklat yang mengandung 500 miligram Flavanol. Hasilnya para sukarelawan dapat melakukan hitung-hitungan seperti kali, tambah, kurang, dan bagi dengan lebih cepat dan tepat.

Ditulis dalam Info. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: